POPULAR STORIES

Akhiri Era EJ20, Subaru Luncurkan WRX STI Final Edition Secara Terbatas

Akhiri Era EJ20, Subaru Luncurkan WRX STI Final Edition Secara Terbatas Tampil di Tokyo Motor Show 2019

KabarOto.com - Tak dapat dipungkiri, Subaru Impreza WRX merupakan salah satu mobil reli paling legendaris. Sepak terjangnya telah dimulai pada awal tahun 1990-an, dan menjadi penantang langsung dari Mitsubishi Lancer Evolution.

Sayang, Subaru nampaknya akan segera mengakhiri perjalanan sedan empat pintu tersebut, setelah berkiprah hingga 30 tahun.

Baca Juga: Subaru BRZ Rocket Bunny V3 Tampil Sangar Sob

Menyusul Lancer Evo yang sudah tutup usia, Subaru juga akan menghentikan produksi Impreza WRX dengan meluncurkan edisi terakhir (final edition).

Namun tenang dulu, ini bukan akhir dari WRX, melainkan perpisahan dengan mesin EJ20 yang digunakan pasar domestik Jepang. Mesin Boxer 2.000 cc turbocharged tersebut memang sangat terkenal, dan menjadi andalan Subaru selama puluhan tahun.

Mesin EJ20 yang legendaris

Ia juga terbukti sukses membawa banyak tim reli memenangkan kejuaraan dunia era 1990-2000an. Subaru meluncurkan WRX STI Final Edition sebagai tanda, bahwa pabrikan tidak lagi melanjutkan produksi mesin EJ20.

Sebagai pembeda dengan versi reguler, Subaru memberikan beberapa penyempurnaan di WRX STI Final Edition tersebut. Paling mencolok terlihat pada sentuhan di bagian komponen mesinnya seperti piston, dan crankshaft.

Hasilnya, WRX STI Final Edition memiliki semburan tenaga hingga 308 dk pada 6.400 rpm dan torsi sebesar 422 Nm pada 4.400 rpm.

Dilengkapi bodykit tambahan

Tenaga yang cukup besar itu lantas disalurkan keempat buah roda (Symmetrical All-Wheel Drive) melalui transmisi manual enam percepatan yang kinerjanya telah ditingkatkan.

Pada bagian eksterior, Subaru memberikan emblem "EJ20 Final Edition" pada bagian kap mesin. Tampilannya juga makin sporty, berkat penggunaan pelek aluminium BBS berukuran 19 inci berwarna emas. Pelek tersebut tampak serasi dengan penggunaan kaliper rem buatan Brembo, berwarna silver.

Baca Juga: Subaru Rilis STI S209 Edisi Terbatas

Subaru mengatakan, bahwa penjualannya dibuat eksklusif untuk pasar domestik Jepang. Total ada 555 unit yang akan dijual. Angka ini sama dengan sponsor reli di masa keemasan Subaru Impreza WRC.

Tersedia jok Recaro dengan biaya tambahan

Ada satu hal yang unik, karena Subaru sepertinya tahu bahwa mobil ini bakal jadi rebutan penggemarnya. Untuk itu, Subaru menyiapkan pembelian sistem lotere bagi yang berminat. Nantinya, para pemenang yang beruntunglah bisa membelinya.