POPULAR STORIES

Subaru Rilis STI S209 Edisi Terbatas

Subaru Rilis STI S209 Edisi Terbatas

KabarOto.com – Subaru baru saja meluncur line performa tinggi terbarunya yakni STI S209. Merupakan S-Line edisi spesial pertama pada generasi tersebut, yang tentunya punya beberapa perbedaan jika dibanding versi biasanya.

Perbedaan pertama tentu dari bagian eksteriornya, walau WRX STI biasa sudah kental aura sporty, S209 jauh lebih gahar lagi nih sob. Misalnya saja, pada bumper lekukannya dibuat sedikit berbeda, gril bawah ukurannya lebih besar. Lalu cover foglamp modelnya mengotak dengan kisi-kisi semacam lubang angin, serta dipermanis garnis black chrome agar terkesan mewah. Sementara ciri khas airscoop pada kap mesin tetap dipertahankan, dan ada emblem S209 pada gril atas sebagai pembeda.

Dari sisi sampingnya, bodi mobil ini jauh lebih lebar 1.7 inci ketimbang versi standar. Sebab sudah dilengkapi overfender yang punya 2 bilah canard pada fender depan. Serta over fendernya sendiri terdapat lubang angin, agar turbulensi pada bagian ruang ban bisa mengalir lancar. Selain itu, terdapat side skirt dan emblem S209 bahan alumunium brush sehingga terlihat sungguh eksklusif.

Baca Juga : Pertama Di Indonesia, Subaru Ini 'Pindah Agama' Pakai Mesin Rotary

Soal kaki-kaki, peleknya ada 2 pilihan warna nih sob. Namun sudah satu paket dengan pilihan warnanya yah, yakni warna biru mendapat warna abu-abu, sementara putih mendapat warna emas. Peleknya sendiri garapan BBS ukuran 19 inci motif V spoke palang 7. Berbalut ban Dunlop SP Sport Maxx GT 600A berukuran 265/35 R19.

Sementara bagian pengereman S209 ini dibantu oleh BBK Brembo 6 pot, demi membantu menjinakkan akselerasi kencangnya. Lalu suspensi juga sudah menggunakan Bilstein dengan karakter lebih keras agar semakin stabil ketika bermanuver. Lengkapnya lagi, supaya sasisnya rigid ada penambahan front strutbar, stabilizer belakang, crossmember dan subframe diperkuat, dan sebagainya.

Jantung pacu menggunakan EJ25, mesin boxer, 2.500 cc lengkap dengan turbocharger. Unit turbo-nya menggunakan STI racikan HKS. Mesinnya sanggup meletupkan tenaga sebesr 341 dk, dan torsi maksimal 447 Nm.

Letupan tenaga dan torsi juga berkat bantuan injektor diperbesar, high-flow intake, serta sistem pendingin intercooler water spray system.

Lantas seluruh tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan close ratio, untuk menggerakkan 4 buah roda yang sudah LSD.

kabarnya Subaru juga mengkalibrasi ulang Si-Drive system-nya yang punya 3 buah mode yakni Intelligent, Sport dan Sport Sharp.

Baca Juga : Subaru WRX STi Milik Juara Nasional Speed Rally Ini Hasil Modifikasi Prodrive Inggris

Bagian interior didominasi warna hita dengan penambahan aksen abu-abu dan sedikit merah. Jok model semi bucket garapan Recaro, dengan bordiran logo STI.

Karena mobil ini limited, terdapat emblem pada konsol tengah bertuliskan S209 dan nomor produksi mobil tersebut.

Mobil ini hadir dalam 2 pilihan warna yakni putih pelek emas, dan biru pelek abu-abu.

Kabarnya STI S209 hanya akan diproduksi 209 unit saja, dengan banderol harga US$ 64.880 atau sekitar Rp 910 juta. Dan hanya tersisa sekitar 128 unit lagi, sebab sudah terjual 81 unit.