POPULAR STORIES

All New Toyota Agya GR Sport Debut Di Seri Ke-3 MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023

All New Toyota Agya GR Sport Debut di Seri ke-3 MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023 Foto : TGRI.

KabarOto.com - All New Toyota Agya GR Sport akhirnya menjalani debut di ajang balap nasional dengan berlaga di event MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023 Seri ke-3 di Sirkuit Bundaran Lagoon Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (17/6).

All New Toyota Agya GR Sport tampil di kelas A3. Meskipun belum berhasil melanjutkan ke babak final. Namun Agya GR Sport Generasi pertama yang diandalkan kembali menunjukkan performanya dengan meraih podium juara nasional di berbagai kelas mengalahkan lebih dari 70 peslalom.

Baca juga: Profil Toyota Agya Slalom Gazoo Racing Indonesia

All New Agya GR Sport dikendarai Herdiko Setyaputra serta test driver terbaru Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI), Alvito Hardianto. Bersamaan dengan pengembangan mobil balap baru, kehadiran Alvito sebagai test driver juga menjadi bagian dari program racer development oleh tim TGRI untuk melahirkan pembalap nasional baru khususnya di ajang slalom.

Di kelas A3 dengan peraturan kapasitas mesin 1.200 cc standar, All New Agya GR Sport tampil perdana dikemudikan oleh Herdiko dan Alvito. Hasilnya, dalam dua heat, Herdiko dapat mencatatkan waktu 1:36.570 detik yang membuatnya menempati posisi 35 dari 61 pembalap.

Sementara Alvito mencatatkan waktu 1:37.010 detik yang membuatnya menempati posisi 36 dari 61 pembalap. Catatan waktu tersebut belum sanggup mengantarkan kedua kontestan TGRI untuk dapat melanjutkan ke babak final, karena belum berhasil masuk ke dalam 30 besar.

Masih dari Kelas A3, dua pembalap TGRI, Anjasara Wahyu dan Adrianza Yunial mengemudikan Agya GR Sport yang telah berlaga sejak musim balap 2021. Anjasara Wahyu finish memuaskan dengan catatan waktu kedua tercepat 00:42.469 detik. Sementara Adrianza Yunial harus puas berada di posisi bontot dengan catatan waktu yang kurang maksimal 00:47.385 detik akibat penalti karena mengenai pembatas di area finis. Hasil ini mengantarkan Anjasara bertengger di posisi atas klasemen kelas A.

Di Kelas F (Modifikasi), Anjasara kembali berhasil meraih podium pertama dengan catatan waktu tercepat 00:46.893 detik yang diikuti oleh Adrianza di posisi kedua dengan catatan waktu 00:46.911 detik. Membuat dua posisi teratas klasemen kelas F diisi oleh TGRI lewat Anjasara dan Adrianza.

Baca juga: Profil Toyota Agya TGRI Besutan Jordan Johan

Pushing the limits for better, Adrianza dan Anjasara langsung memperlihatkan kekompakannya untuk mempertahankan posisi satu klasemen dengan catatan waktu 01:42.327 pada Kejurnas Tandem, sehingga menempatkan duo tangguh ini untuk berada di podium kedua meski menjadi satu-satunya yang menggunakan mobil dengan spesifikasi kelas A3 sebagai pendamping mobil kelas F di 5 besar.

“Meski masih standar mengikuti regulasi kelas A3, power serta torsi yang dihasilkan sudah cukup besar. Kedepan, saya bersama seluruh tim TGRI akan memaksimalkan performanya sambil saling mengenal antara driver dan mobil, sekaligus mencari setelan tepat dan celah pengembangan dalam meningkatkan daya saingnya agar segera siap berlaga di seri selanjutnya,” pungkas Test Driver TGRI, Alvito Hardianto.