POPULAR STORIES

All New Toyota Agya Pakai Mesin Raize, Bagaimana Performanya?

All New Toyota Agya Pakai Mesin Raize, Bagaimana Performanya? Peluncuran All New Toyota Agya di Indonesia (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Generasi kedua Toyota Agya dibekali mesin baru yang persis digunakan oleh Raize. Selain platform baru, All New Toyota Agya dibekali transmisi baru.

Mesin Toyota Raize sendiri berkode WA-VE memiliki konfigurasi 3 silinder segaris, 12 valve, DOHC dengan dual VVT-i, berkapasitas 1,200 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 86,7 dk pada putaran 6.000 rpm dan torsi 112,7 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Meskipun secara spesifikasi sama, tenaga yang dihasilkan All New Toyota Agya dengan Raize dikabarkan akan berbeda. Pasalnya, dimensi dan bobot kedua mobil ini tidak sama.

Baca juga: Sejarah Toyota Agya, Generasi Pertama Tahan 10 Tahun

All New Toyota Agya GR Sport

Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan selain menjadi kendaraan harian, Toyota Agya juga menjadi mobil balap dan terbukti bisa juara di berbagai kelas pada Kejurnas Slalom (ISSOM) 2022.

“Seiring perkembangan teknologi dan trend maka kebutuhan masyarakat juga semakin beragam. Karena itu hari ini kami menghadirkan All New Agya dengan kulitas yang lebih baik, dengan tetap mempertahankan DNA utama Agya,” ungkap Henry.

All New Toyota Agya dan All New Agya GR Sport diperkenalkan di Indonesia dengan mengusung platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Di mana, platform DNGA sudah digunakan oleh Toyota Avanza, Veloz, Raize dan Vios.

Baca juga: Toyota Grand Highlander Resmi Meluncur, Diklaim Sebagai Mobil Penumpang Terbesar

Tampilan belakang All New Agya GR Sport

Secara tampilan, All New Toyota Agya memiliki tampilan lebih sporty dibandingkan model sebelumnya. Dimensinya pun terlihat lebih panjang. Untuk memenuhi permintaan konsumen akan mobil dengan tampilan sporty, Toyota juga menghadirkan varian All New Agya GR Sport.

Ubahan yang fundamental pada Toyota Agya generasi kedua meliputi platrform baru, performance baru dari mesin, transmisi, hingga suspensi. Dan tentu ini tak meninggalkan segmen GR Sport yang selalu memberikan sumbangsih 72 persen,” tutup Henry.