POPULAR STORIES

Sejarah Toyota Agya, Generasi Pertama Tahan 10 Tahun

Sejarah Toyota Agya, Generasi Pertama Tahan 10 Tahun Toyota Agya Facelift (Fotk: KabarOto)

KabarOto.com - Perjalanan Toyota Agya dimulai pada tahun 2012, untuk mendukung program LCGC. Mobil mungil ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Nama Agya sendiri diambil dari bahasa Sansekerta artinya Cepat.

Baru pada September 2013, mobil ini dirilis secara resmi di Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Dengan dimensi sangat kompak sekitar panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm, serta jarak sumbu roda 2.455 mm.

Tampilan Agya saat pertama diluncurkan.

Sebenarnya model pertama Agya tidak jauh berbeda dengan yang kita kenal sekarang. Hanya saja memang modelnya masih sangat sederhana. Tidak banyak lekukan sporty seperti sekarang di bumbernya. Lalu desain headlamp dan stoplamp masih menggunakan halogen multireflektor.

Baca Juga : Toyota Agya Baru Meluncur Pekan Depan, Sudah Bisa Dibooking Rp 1 Juta

Soal mesin, Agya memiliki dua pilihan, yakni 1KR konfigurasi 3 silinder berkapasitas 998 cc, dengan tenaga 66 dk, dan torsi 89 Nm. Sementara ada juga mesin 3NR-FE konfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.197 cc, bertenaga 88 dk dan torsi 100 Nm. Disambung ke transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan, penggerak roda depan.

Tampilan facelift pertama pada 2017.

Toyota Agya memiliki beberapa varian seperti E, G, dan TRD S yang berbeda dari kelengkapannya. Namun hanya versi TRD S saja yang punya bodykit lengkap, seperti add on lips sepan, side skirt dan spoiler.

Pada tahun tahun 2017, akhirnya versi facelift pertama muncul setelah 4 tahun. Perbedaan utama adalah desain bumper depan, dan belakang lebih sporty, serta headlamp dan stoplamp sudah menggunakan LED sehingga tampak lebih modern.

Baca Juga : Kembaran Toyota Agya, Perodua Axia Baru Raih Bintang 5 ASEAN NCAP

Pada tahun 2020 facelift kedua dihadirkan, namun pada 2021 Toyota akhirnya menghilangkan varian TRD Sportivo di Indonesia, dan menggantinya dengan GR Sport.

Facelift kedua ini, versi GR Sport ubahannya meliputi bumper depan baru, lekukannya lebih tajam sehingga kesannya agresif, begitu juga di side skirt-nya, serta penggunaan spoiler dan add on bumper belakang.

Untuk bagian interior, Agya tidak mengalami banyak ubahan sejak pertama diluncurkan. Tampilan dasbor hampir semua sama, dengan spidometer model jarum dan tampilan layar MID TFT di sisi kanan. Lalu ubahan paling signifikan ialah penggunaan headunit layar monitor, serta AC yang tadinya model putar, sudah diganti digital di facelift kedua.

Jok Agya menggunakan model fixed di bagian headrest-nya, namun sudah bisa diatur reclining dan sliding, serta seatbelt 3 titik. Di bagian belakang juga masih muat 3 orang dewasa, dan sudah ada headrest adjustable.

Soal kapasitas bagasi memang tidak dijelaskan spesifik ukurannya namun untuk membawa 4 buah koper ukuran sedang, mobil masih bisa mengakomodasinya. Jika kurang, tinggal lipat kursi baris ketiga dan ukuran bagasi jadi lebih luas, walau lipatannya tidak rata dengan bagasi.

All New Toyota Agya Generasi Meluncur Awal Tahun 2023

All New Toyota Agya generasi terbaru diperkenalkan, Senin (13/02/2023). Ditawarkan untuk konsumen yang menginginkan mobil mungil namun tampilan sporty. Hadir juga All New Agya GR Sport, bagi pencinta aura balap

All New Toyota Agya (Foto: KabarOto)

Eksterior All New Toyota Agya terlihat modern dan sporty, dibanding versi lawas. Ukuran grille cukup besar, bentuknya trapesium.

Sisi kiri dan kanan bumper diberi lubang berbentuk vertikal, fungsinya sebagai rumah Daytime Running Light. Penerangan utama lebih menyipit dari sebelumnya.

All New Toyota Agya GR (Foto: KabarOto)

Interiornya terlihat lebih mewah, panel dasbor membentuk garis lurus, model lama membulat. Pengaturan AC masih mempertahankan digital. Toyota Astra Motor (TAM) belum mengumumkan harga soal harga. Mau lebih detail ubahan dari motor ini? pantau terus KabarOto.com.