POPULAR STORIES

Alpine A110S Terlahir Menjadi Mobil Cepat

Alpine A110S Terlahir Menjadi Mobil Cepat

KabarOto.com – Alpine sebagai anak produsen mobil Renault yang dikenal dengan mobil sports sejak tahun 1955 pernah meluncurkan A110 yang debutnya dilakukan dalam ajang Ganeva Motor Show 2017, hingga akhirnya A110S sebagai model agresif dari A110 terungkap pada bulan Agustus tahun ini dan diluncurkan di negeri sakura melalui ajang Tokyo Motor Show 2019 kemarin.

Sebagai model peningkatan dari sportcar A110, mobil ini dibekali dengan mesin 4 silinder turbocharged berkapasitas 1.800 cc yang dipompa untuk menghasilkan tenaga 288 dk, lebih besar dari model A110 standar yang memiliki output tenaga 248 dk. Torsinya maksimal tetap 319 Nm pada 2.000 rpm hingga 6.400 rpm, 1.400 rpm lebih tinggi daripada A110 standar.

Baca juga: Mercedes-Maybach GLS 600 4MATIC, Buat Penggemar SUV Supermewah

Peningkatan pada mesin membuat mobil mampu berakselerasi lebih cepat 1/10 detik dibandingkan model A110 standar, mesin ini mampu membawa mobil berakselerasi dari kecepatan 0-100 kpj dalam waktu 4,4 detik.

Mesin 4 silinder ini menggunakan girboks otomatis dual-clutch 7-percepatan yang sama dengan model Alpine standar dengan kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik hingga 250 kpj.

Jean-Pascal Dauce selaku Bos Teknik Alpine, menyebutkan bahwa perubahan desain berfokus pada “stabilitas kecepatan tinggi dan presisi pengendaraan.” Namun dia menambahkan bahwa itu akan tetap menjadi “mobil sehari-hari yang dapat digunakan. A110 S tidak akan menjadi Alpine sejati jika terlalu keras atau terlalu sulit untuk dikendarai sehari-hari. "

Meskipun hadir dengan berbagai peningkatan dari model A110 standar, model A110S tetap mempertahankan bodi aluminium yang sama tetapi memiliki konfigurasi sasis yang berbeda, dengan pegas suspensi koil yang lebih kuat, terdapat peredam, dan anti-roll bars yang dibuat lebih kencang.

Baca juga: Gaya Klimis BMW E39 Touring Milik Gofar Hilman

Tinggi pengendaraan telah diturunkan sebesar 4 mm untuk meningkatkan stabilitas saat bermanuver, serta menggunakan ban baru besutan Michelin Pilot Sport 4 baru berukuran 215 mm di depan dan 245 mm di belakang yang berguna untuk meningkatkan cengkeraman mekanis.

Terlahir kencang, maka dibutuhkan rem yang kuat untuk bisa menghentikan mobil dengan efektif dan stabil, untuk itu Alpine membekalinya dengan kaliper rem Brembo dengan cakram bi-material berukuran 320 mm yang dikerjakan ulang untuk meningkatkan kemampuan sistem Electronic Stability Control. Secara keseluruham, peningkatan pada model A110S membuat berat mobil meningkat dari 1.103 kg menjadi 1.114 kg.

Selain perubahan mekanis, Alpine A110 menghadirkan sejumlah elemen gaya khusus termasuk menggunakan bahan carbonfibre di beberapa bagian dan detail bendera berwarna oranye di pilar belakang, kaliper rem berwarna oranye, dan desain pelek ban yang baru.

Alpine A110S bisa dipilih dalam tiga warna: Blanc Irise M, Blue Alpine M, dan Gritner Mat. Selain itu, Pembeli juga dapat memilih atap menggunakan bahan serat karbon, yang dapat mengurangi berat mobil hingga 1,9 kg.

Dilansir dari berbagai sumber, pemesanan awal untuk sportscar ini sudah dimulai dengan ‘harga perkenalan’ JPY 8.990.000, atau sekitar Rp 1,16 Miliar dengan pengiriman yang diprediksi akan dilakukan pada Februari tahun depan. (Nora Dian Pratama)