Alvin Bahar Kuasai Podium Balap Perdana ISSOM 2021 Kelas ITCR 1600 Max

Alvin Bahar Kuasai Podium Balap Perdana ISSOM 2021 Kelas ITCR 1600 Max

KabarOto.com - Pembalap senior sekaligus Director Honda Racing Indonesia (HRI), Alvin Bahar, yang berlaga di ajang balap Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1.600 Max berhasil meraih juara pertama dalam balapan yang berlangsung Minggu (28/03) di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Alvin Bahar sukses menyapu bersih dari sesi superpole dan balapan. Saat sesi kualifikasi superpole, Alvin Bahar, menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 1 menit 48,5 detik. Atas perolehan tersebut, pembalap yang sudah mengantongi delapan gelar Juara Nasional, memulai balapan dari posisi terdepan.

Berbekal hal tersebut, langkah Alvin Bahar untuk menginjakkan satu kakinya di podium tertinggi bisa diwujudkan. Terlebih saat balapan yang dilangsungkan selama 12 putaran, putra mendiang pembalap senior Aswin Bahar itu, berhasil meninggalkan rival utamanya Haridarma Manoppo dari Toyota Team Indonesia (TTI), di posisi kedua dengan gap 2 detik.

Baca Juga: Alvin Bahar: Ini Kriteria Pembalap Yang Bisa Masuk Tim Honda Racing Indonesia

Sepanjang balapan, Alvin Bahar mengemas total waktu 22 menit 9,381 detik. Sementara Haridarma Manoppo, yang berada tepat di belakangnya, mengumpulkan total waktu 22 menit 12,837 detik.

"Memang sudah improve dari 2020. Bahkan pas bulan Mei 2020 Honda Prospect Motor (HPM) bikin presscon memutuskan untuk berhenti dari balap, development terus berjalan. Setelah itu juga saya masih dyno mesin dan development masih jalan terus meski agenda balap dari Honda terpaksa dihentikan," ujarnya.

Ia mengaku memaksimalkan kinerja mesin dan penyesuaian suspensi agar handling Honda Jazz yang dikendarai menjadi lebih mumpuni untuk bermanuver di atas lintasan balap.

Baca Juga: Sah! Alvin Bahar Bawa Honda Racing Indonesia Kembali Juara Nasional Tahun Ini

"Mesin sudah lumayan tapi memang masih ada beberapa kendala. Apalagi untuk memaksa di putaran mesin tinggi, masih belum maksimal. Kalau dari suspensi, belum maksimal untuk pengembangannya, harusnya sudah bisa full setting," imbuhnya.

Atas kemenangan yang diraih oleh Alvin Bahar pada seri pembuka ini, memantapkan poaisi Alvin Bahar sebagai pemegang klasemen sementara Kejurnas ITCR 1.600 Max.