Bagaimana Hasil Toyota Corolla Altis Diuji Tabrak Asean NCAP?

Bagaimana Hasil Toyota Corolla Altis Diuji Tabrak Asean NCAP? Foto : Edo / KO

KabarOto.com – Medium sedan andalan Toyota yakni Toyota Corolla Altis baru saja melakukan uji tabrak untuk mengetahui standar keselamatan Asean New Car Assessment Programme (NCAP). Pengetesan ini dilakukan di Laboratorium JARI (Japan Automobile Reasearch Institute), di Jepang.

Hasil yang ditorehkan oleh Corolla Altis terbilang sangat memuaskan karena mendapat nilai bintang 5. Adapun total bintang yang diraih Corolla Altis tersebut bisa jadi acuan penilaian bagaimana fitur keselamatan sebuah mobil terbilang aman atau tidak.

Pengetesan dilakukan seperti standar yang ada, mulai dari uji tabrak bagian depan dan sisi samping. Bagian depan dilakukan 2 posisi yakni 40% dan full impact, keduanya dilewati secara mulus oleh Altis, airbag sisi depan dan samping semua terbuka sempurna, seatbelt juga berhasil menahan tubuh maju ke depan tak menghantam setir.

Baca Juga : Porsche Taycan Dapat Bintang 5 Dari NCAP

Simulasi kedua diuji tabrak dari samping, di sini digambarkan bagaimana jika kita sebagai pengendara dibenturkan oleh kendaraan lain. Walau cukup mengerikan, setidaknya Altis ini mampu meredam benturan yang terjadi, sebab airbag sisi samping berhasil terbuka dan menahan serpihan kaca, sehingga mengurangi risiko cedera parah.

JARI tidak sekadar uji benturan untuk mengetahui sejauh mana keselamatan pasif berupa konstruksi mobil, seatbelt dan airbag melindungi penumpang untuk meminimalisir cidera akibat benturan. Fitur pendukung keselamatan aktif yang disematkan Toyota Corolla Altis turut diuji. Misalnya saja blind spot monitoring yang berguna memberikan kewaspadaan adanya pengendara lain dari samping, lalu sistem pengereman, Sonar System, ABS, EBD, BA, VSC, hingga HAS.

Oh iya, tipe Corolla Altis untuk tes keselamatan uji tabrakan ini merupakan 1.8 G terendah. Sehingga bisa dibilang jika kalian ambil tipe 1.8 V atau 1.8 HEV, maka makin banyak lagi fiturnya misalnya saja Toyota Safety Sense (TSS) seperti Pre Collision System, yaitu radar yang terintegrasi dengan kamera untuk mereduksi risiko tabrakan, lalu Adaptive Cruise Control, Lane Depature Alert, serta Rear Cross Traffic Alert.

Baca Juga : Profil - All New Toyota Corolla Altis

Bagaimana menurut kalian? Untuk mobil dengan harga berkisar Rp 468 – 566 juta pastinya setara banget deh sama apa yang dibayar. Jadi buat yang sudah punya Altis baru, walau dinilai aman tapi Sobat KabarOto harus tetap hati-hati di jalan.