POPULAR STORIES

AMB 001 Calon Motor Pertama Dari Aston-Martin

AMB 001 Calon Motor Pertama dari Aston-Martin

KabarOto.com - Pabrikan dari Inggris, Aston-Martin adalah merek mobil tersohor sebagai produsen mobil sport. Sebut saja Aston-Martin DB 9, DB 11, DBS dan sebagainya. Mobil-mobil sport dari Aston-Martin, juga selalu hadir dengan desain yang khas, performanya pun tidak diragukan lagi.

Namun, apa jadinya bila parbikan mobil Aston-Martin ikut terjun ke dunia otomotif roda dua? Jawabannya ada di motor satu ini, yaitu AMB 001 yang bakal jadi motor pertama besutan Aston-Martin. Secara tampilan, motor ini tampil memesona, dengan lekuk bodi dinamis.

Seperti di bagian depannya, tampil dengan bentuk membulat. Dilengkapi dengan detail-detail seperti serat karbon dan logo Aston-Martin.

Baca juga: Aston Martin DBS GT Zagato, Hanya Ada 19 Unit

Suspensi depannya menggunakan model double wishbone, layaknya suspensi yang digunakan di mobil. Berpadu dengan pelek model multipalang. Untuk pengeremannya, motor ini sudah mengadopsi kaliper model radial, dengan sistem dual disc brake.

Mengikuti desainnya yang dinamis, tangki motor juga memiliki desain serupa. Dilengkapi dengan aksen seperti garis, yang terlihat menyambung ke bagian instrument cluster-nya. Bagian tangki ini juga dilengkapi dengan detail-detail, seperti tulisan AMB 001 dan logo Aston-Martin.

Bagian instrument cluster terlihat canggih dan modern model digital. Untuk bagian setangnya, menggunakan setang ala jepit. Lengkap dengan detail hand grip senada dengan jok yang menggunakan model single, dengan desain tipis namun elegan dibalut kulit berkelir coklat.

Motor ini terlihat paling menarik, ketika dilihat dari samping. Bagian jok dan tangki dibuat menyatu. Bagian fairing-nya juga dibuat dengan lekukan dinamis. Tidak lupa terdapat detail-detail, seperti misalnya sebuah lubang udara di bawah fairing. Selain itu juga terdapat bagian-bagian yang menggunakan serat karbon, bagian mesin juga dibuat terekspos, tidak semuanya tertutup fairing.

Baca juga: Aston-Martin DBS Edisi Khusus James Bond

Bagian belakangnya tampil minimalis, model lampu mengkotak dengan mengandalkan lengan ayun model banana, lengkap dengan sepatbor berbahan karbon. Sementara peleknya menggunakan model multi palang dengan ban berukuran besar.

Jantung pacu AMB 001 menggunakan mesin berkonfigurasi V-Twin DOHC turbo, dengan sudut kemiringan 88 derajat. Mesin AMB 001 ini juga dibekali kubikasi yang besar, yaitu 997 cc. Sistem pendinginnya juga sudah menggunakan sistem perpaduan pendingin air dan oli.

Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 180 dk, disalurakan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan dengan fitur APTC Clutch.

Berbicara soal harganya Melansir Aston-Martin, AMB 001 akan dibanderol sebesar EUR 108.000 atau sekitar Rp 1,6 Miliar. Harga yang cukup fantastis untuk sebuah motor. Selain itu, motor ini juga akan diproduksi terbatas. Hanya ada 100 unit yang akan tersedia. Menariknya lagi motor ini juga dibuat dengan tangan. Di pabrik Toulouse, Perancis, AMB 001 baru akan dikirim pertama kali nanti pada tahun 2020. (Gregorius Nikolaus.P)