POPULAR STORIES

Ambisi Bugatti Chiron Bisa Tembus Kecepatan 500 Kpj

Ambisi Bugatti Chiron Bisa Tembus Kecepatan 500 Kpj

KabarOto.com – Mobil apa pun memiliki tenaga lebih dari 1.000 dk, akselerasi 0-100 kpj di bawah 2,5 detik dan kecepatan maksimal mencapai 400 kpj, tentu tidak bisa dibilang mobil biasa saja. Bugati Chiron misalnya, dengan performa luar biasa ini, bisa tembus hingga 420 kpj masih berstatus ‘dibatasi secara elektronik’.

Target Bugatti adalah bisa menjadi yang tercepat lagi, dan target kecepatannya adalah mencapai 500 kpj! Dari hasil wawancara Automobilemag, Stephan Winkelmann selaku Presiden Bugatti mengatakan kemunculan Bugatti Chiron versi ekstrim dengan kecepatan mencapai 500 kpj, tentu saja ada dan bisa terjadi.

Stephan Winkelmann mengingatkan jika versi ekstrim ini tidak mudah untuk melakukannya, karena ada 2 faktor penting yang turut mendukung lahirnya versi ekstrim dari Chrion.

Satu masalah menyangkut teknis dan soal investasi. “Tapi tidak semudah itu. Jika ada yang bersedia memasok ban dengan spesifikasi yang cocok, atau pengembalian investasi (Return of Investment) bisa mencapai target, baru kami bisa yakin,” ungkap Winkelmann. Menariknya, pada bulan April 2018 Stephan Winkelmann mengatakan kalau Bugatti tidak tertarik menembus kecepatan maksimal.

Baca juga: Bugatti Chiron Hasil Modifikasi Mansory Ini Dijual Rp68 Miliar

Mesin Chiron yang masih dibatasi secara elektronik, masih menyimpan potensi

Alasannya pada saat itu, Koenigsegg sedang sibuk membantai rekor Bugatti secara membabi buta. Rekor 0-400 kpj Bugatti Chiron sudah dihancurkan Koenigsegg, terutama Koenigsegg Agera RS yang berhasil memperoleh kecepatan maksimal 447,2 kpj. Hasil ini langsung mempermalukan rekor Bugatti Veyron Super Sport dengan selisih 16 kpj.

Oleh karena itu, pihak Bugatti tidak tergesa-gesa dan hasilnya tidak maksimal, saat ini ambisi mematahkan rekor kecepatan tersebut belum begitu kuat. Namun, nampaknya pihak Bugatti sekarang sudah percaya diri jika mesin W16 quad turbo berkapasitas 8.000 cc siap mencapai 500 kpj. Jika masalah ban dan dana sudah bisa diatasi, tinggal menunggu saja pelaksanaannya.

Bugatti menyatakan ingin mencapai rekor ini tanpa bantuan sistem hybrid atau listrik, jadi murni mengandalkan tenaga dari mesin saja. Menurut Winkelmann, teknologi baterai dan motor listrik yang ada sekarang, belum ada yang cukup ringan dan bertenaga untuk membantu target Bugatti Chiron, jadi Bugatti ingin menunjukan kehebatan mesin Chiron untuk mematahkan rekor dari Koenigsegg.

Jadi bagaimana menurut Sobat KabarOto, bisakah Bugatti tembus 500 kpj? (Rizky Hidayat)