POPULAR STORIES

Ambisi Elon Musk Hadirkan Mobil Otonom Penuh Tahun 2021

Ambisi Elon Musk Hadirkan Mobil Otonom Penuh Tahun 2021

KabarOto.com – Menggebrak dengan mobil listrik, Elon Musk kembali mengabarkan bersiap merilis kendaraan swa kemudi pada tahun 2021.

“Saya yakin bisa memproduksi mobil otonom penuh dan dipasarkan pada tahun depan,” ungkap Elon Musk.

Secara umum, mobil otonom adalah kendaraan yang dapat menjelajahi lingkungan tanpa dikendalikan oleh manusia. Kendaraan ini menggunakan fitur seperti radar sinar laser GPS, odometri dan penglihatan komputer untuk pendeteksi jalan.

Baca Juga : Platform E-GMP Milik Hyundai, Bikin Pengisian Daya Listrik Lebih Cepat

Tesla sendiri sudah memperkenalkan sistem Full Self-Driving (FSD) Beta pada Oktober lalu. Namun, sistem ini belum mencapai kemampuan Level 5 yang merupakan puncak dari sistem otomasi mobil. Di mana, pada titik ini kebutuhan akan kendali manusia dihilangkan.

Sementara itu, sistem FSD beta merupakan versi pertama dari kemampuan mengemudi sendiri yang sejak lama dijanjikan pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini. Untuk menyempurnakan sistem ini, Tesla mengumpulkan data dari pengemudi yang telah mencoba sistem ini.

Baca Juga : Dapat Suntikan $2 Juta, Ini Cara OtoKlix Ramaikan Pasar Aftermarket Otomotif Indonesia

Sebelumnya, Elon Musk mengklaim bahwa mobil-mobil pabrikannya akan sepenuhnya otonom pada akhir tahun 2020. Bukan hanya itu, dirinya juga mengatakan akan ada 1 juta Tesla Robotaxis yang sudah beroperasi di jalan raya pada akhir 2019.

Namun hingga saat ini, semua ambisi Elon Musk belum ada yang terwujud. Dirinya beralasan, sistem otomasi tetap berpeluang melakukan kesalahan, meskipun dalam kondisi terbaik.