POPULAR STORIES

Amerika Serikat Berpeluang Masuk Ke Kalender WRC 2024

Amerika Serikat Berpeluang Masuk Ke Kalender WRC 2024 Dani Sordo pereli tim Hyundai Motorsport (foto : WRC)

KabarOto.com – Ajang World Rally Championship (WRC) terus berkembang dan berencana untuk memasukan seri Amerika Serikat pada musim 2024 mendatang.

Minat sang Direktur WRC, Simon Larkin untuk melakukan seri di Amerika bagian utara kian meningkat seiring dengan membesarnya animo ajang balap ekstrim tersebut.

Baca Juga : Presiden FIA Ingin Menghadirkan Pabrikan Baru Di WRC

Sebelumnya, pada musim 1988 menjadi tahun terakhir Amerika menjadi tuan rumah. Kala itu Miki Biasion menjadi pemenang di seri Reli Olympus di Washington bersama Lancia.

Melihat hal tersebut, sang Direktur pun memiliki keinginan untuk mengembalikan seri Amerika untuk musim mendatang karena sudah melakukan negosiasi dengan pemerintah Amerika Serikat.

Miki Biasion di Reli Washington 1988

“Saya rasa kami dapat mencapai kesepakatan pada akhir Maret ini. Kami akan memiliki pernyataan yang pasti, jelas dan ringkas untuk seri Amerika pada tahun 2024. Tentu saja, kami telah bekerja waktu yang lama dalam hal ini dan sekarang kami sudah sampai pada titik yang menentukan lokasi. Kami berharap, hal itu bisa selesai tahun ini sehingga bisa memulai debutnya pada 2024,” ungkap Simon Larkin.

Baca Juga : Ott Tanak Kecewa Dengan Performa Ford Puma Di WRC Monte Carlo 2023

Untuk penentuan lokasi tentunya tidak mudah. Pihak penyelenggara memiliki kategori sendiri untuk memilih medan gravel agar membuat WRC semakin menarik. Selain Direktur, pihak lainnya yang memiliki ketertarikan besar pada WRC Amerika Serikat adalah Ford, pabrikan lokal yang berkompetisi bersama M-Sport.

“Saya pikir salah satu alasan mengapa Ford ingin berparisipasi di WRC adalah karena kemungkinan balapan di Amerika Utara. Ini merupakan pasar yang sangat besar dan belum terjamah. Mereka memiliki fasilitas bagus, jalan yang dan peluang besar untuk meraih sesuatu,” ungkap Richard Millener selaku Direktur M-Sport.