AMMdes Akan Dikembangkan Lagi, Bisa Melintas Di Jalan Aspal

AMMdes Akan Dikembangkan Lagi, Bisa Melintas di Jalan Aspal

oKabarOto.com - Angkutan Multiguna Masyarakat Pedesan (AMMdes) diperkenalkan pada GIIAS 2018 lalu. Kendaraan ini juga dibuat untuk melintasi kondisi jalan di perkebunan dan area pertanian. Tujuannya untuk membantu perekonomian masyarakat pedesaan. Namun, kali ini AMMdes akan dikembangkan, fungsinya bisa digunakan untuk melintasi jalanan aspal.

Baca Juga: AMMDes Siap Penuhi Kebutuhan Ekspor Asia Dan Afrika

"Saat ini kan fokusnya untuk daerah pedesaan yang infrastrukturnya tidak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat biasa, nah nanti akan kita kembangkan untuk jalan aspal," papar Harjanto, Dirjen Industri Logam, Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian.

AMMdes ini nantinya menurut Harjanto akan diprodduksi 10.000 unit, dan akan dijual Rp 70 juta. "Saat ini masih harus menunggu e-catalog selesai dikerjakan. Harga segitu nanti masih bisa disesuaikan lagi, bahan bakunya kan dari dalam negeri," tambahnya di Kemenperin, Jakarta.

AMMDes jadi pengumpan Ambulance.

Tak hanya sebagai angkutan untuk pedesaan, AMMDes ini sebelumnya digunakan sebagai pengumpan ambulance. Kendaraan yang diberi nama Jamilah ini sudah beroperasi di Lebak Banten. AMMDes juga rencananya akan diekspor berbagai negara seperti Timor Leste.

AMMDes punya spesifikasi model dasar yang dilengkapi dengan flat deck dan fitur power take off (PTO). Mesin diesel yang digunakan sudah mengalami penyesuaian untuk mendapatkan performa yang lebih baik di medan off-road dan berbukit.

Kendaraan ini menggunakan sistem penggerak tunggal dengan kecepatan maksimal 30 km per jam dan kapasitas silinder sebesar 650 cc atau setara dengan 14 dk.

Baca Juga: Pacu Produktivitas Masyarakat Desa, AMMDes Siap Rambah Pasar Ekspor 49 Negara

Selain itu, AMMDes juga dilengkapi dengan differential lock sebagai fitur pengunci roda belakang sehingga dapat bergerak secara bersamaan yang diklaim untuk menambah traksi saat melintasi jalan yang buruk.