AMMDes Ambulance Feeder Dapat Apresiasi Menteri Kesehatan

AMMDes Ambulance Feeder Dapat Apresiasi Menteri Kesehatan Foto: Kipli/ KO/ Humas Kemenkes

KabarOto.com - Pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) mendapat apresiasi dari Kementerian Kesehatan, beberapa aplikasinya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, Puskesmas, dan kelompok masyarakat. Misalnya, AMMDes ambulance feeder serta AMMDes penjernih air dan air bersih.

“Ibu Menteri sangat merespons positif terhadap beragam fungsi dari AMMDes,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian perindustrian, Putu Juli Ardika di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Karya anak bangsa sudah mengoptimalkan komponen lokal hingga 70%, selaras dengan fokus program pemerintah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Baca Juga: Penasaran Harga AMMDes? Ini Rinciannya

“Selain ambulance feeder, kami menampilkan unit pengolah air dan air minum untuk beberapa rumah sakit yang merupakan kolaborasi antara Kemenperin dengan RS Hasan Sadikin Bandung, dikembangkan juga prototipe unit pengolah air untuk Puskesmas dan untuk komunitas masyarakat dengan kapasitas 240 keluarga,” paparnya.

Bahkan, Kemenperin sedang mendorong pengembangan AMMDes berbasis tenaga listrik (e-AMMDes). Ini dilakukan melalui kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung, Astra Otoparts, dan PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI). “Upaya itu sebagai landasan menuju lingkungan sehat dan penguasaan teknologi kendaraan elektrik,” imbuhnya.

Menkes Nila Moelok menyampaikan, dalam upaya mewujudkan masyarakat sehat, diperlukan langkah sinergi sejumlah pihak terkait. “Kami mengharapkan AMMDes ini bisa ada di setiap desa sehingga dapat difasilitasi untuk penyediaan air bersih dan air minum, termasuk juga yang AMMDes ambulance feeder,” tandasnya.