POPULAR STORIES

AMMDes Jadi Penyemprot Disinfektan Di Bogor

AMMDes Jadi Penyemprot Disinfektan di Bogor Penyemprotan disinfektan menggunakan AMMDes

KabarOto.com - Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) memiliki banyak fungsi, selain untuk mendukung aktivitas masyarakat pedesaan mengangkut hasil panen, bisa digunakan sebagai ambulance feeder.

AMMDes juga bisa digunakan sebagai kendaraan untuk menyemprotkan diinfektan, dalam upaya menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona. Kendaraan ini diubah fungsinya, menjadi water tank sebagai alat penyemprot cairan disinfektan.

Baca Juga: Musnahkan Si Jago Merah Hingga Pelosok Indonesia, AMMDes Fire Fighters Resmi Meluncur

PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) salah satu perusahaan yang menggunakan AMMDes ini untuk melindungi lingkungan kantornya, di wilayah Bogor, Jawa Barat. Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier di Jakarta, Senin (16/11) mengatakan, implementasi ini dipercaya dapat meningkatkan produktivitas para pekerja karena lingkungannya yang terjaga.

Selain menyemprotkan disinfektan di wilayah kantornya, KMWI juga menjalin kerjasama dengan Kemenperin menyemprotkan cairan disinfektan di sekitar lingkungan perusahaan, di enam lingkungan Rukun Warga (RW) yang memiliki 5.500 penduduk di Desa Karang Asam Timur, Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

“Kami bangga AMMDes bisa digunakan untuk beragam kegiatan," terangnya. Sehingga, menurut dia mampu membuat aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19.

AMMDes yang digunakan sebagai fasilitas penyemprot cairan disinfektan tersebut adalah pengembangan dari unit water tank, yang dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter.

Presiden Direktur KMWI Reiza Treistanto mengatakan, untuk pemanfaatan AMMDes penyemprot cairan disinfektan, ini sudah dilakukan dua kali. Banyak permintaan dari masyarakat dan mendapat respons positif dari berbagai pihak. "Ini sebagai salah satu kewajiban moril kami di lingkungan sekitar, termasuk membagikan masker,” terangnya.

Baca Juga: Pemenang Modifikasi AMMDes Diumumkan Di Indonesia Modification Expo 2020

Kepala Desa Karang Asam Timur, Yamin Bunyamin menyatakan, kegiatan penyemprot ini bisa menjadi satu hal yang positif dan mengedukasi di daerah padat penduduk seperti wilayahnya. "Kami ada 8 RW dengan jumlah warga 12.000 orang," terang dia. Dengan adanya kegiatan ini, warganya juga mengetahui cara pencegahan virus corona.