Andalkan Baterai Full, Yamaha E01 Diklaim Tempuh Jarak Hingga 130 Km

Andalkan Baterai Full, Yamaha E01 Diklaim Tempuh Jarak Hingga 130 Km Yamaha E01 di booth YIMM IIMS Hybrid 2022 (Foto: YIMM)

KabarOto.com - Yamaha E01 diperkenalkan saat Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 lalu. Sebelum resmi dipasarkan, motor listrik tersebut akan melakukan tes proof of concept (PoC)

Pengujian dilakukan di 6 negara, yaitu Jepang, Eropa, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Jika dilihat secara seksama, motor ini desainnya mirip dengan Yamaha NMax. Engineer Project Leader Takuya Maruo saat jumpa pers virtual dengan media, Kamis (21/04) tak membantah hal itu.

Baca juga: Ini Spesifikasi Skuter Listrik Yamaha E01 Yang Mejeng Di IIMS 2022

"Panjang keseluruhan dari motor ini mencapai 1.830 mm, sama dengan Yamaha N-Max," ujar Takuya Maruo.

Motor ini tidak menggunakan mesin seperti NMax, digantikan dengan motor listrik yang ditenagai baterai lithium-ion untuk menggerakan seluruh komponennya.

Bentuk Yamaha E01 (Foto: Screenshoot KO)

Yamaha E01 dibekali baterai baterai berkapasitas 4,9 kWh lithium-ion, diklaim bisa menghasilkan tenaga 10 dk di putaran 5.000 rpm dan torsi maksimal 30,2 Nm di 1.950 rpm. Motor ini mampu melaju hingga 100 kpj.

Sekali pengecasan full, motor ini bisa melaju sampai 130 km. Waktu pengecasan pun tidak lama, jika menggunakan fast charging sampai 90 persen hanya 1 jam saja.

Baca juga: Yamaha Neos, Skutik Listrik Perkotaan

Namun, menggunakan charger normal dengan daya 200-240 volt pengisian hingga full memakan waktu hingga 5 jam. Nah, jika mengisi dengan charger portable, pengisian sampai full sekitar 14 jam.

Beragam teknologi canggih disematkan pada motor ini, seperti ada tiga mode berkendara yaitu power, standard, dan eco. Yamaha E01 dibekali dengan mode bernama reverse mode yang bisa memundurkan motor.

Yamaha E01 menggunakan traction control system (TCS) yang mengontrol traksi pada roda belakang. Namun, konsumen harus sabar, karena motor ini masih belum dijual, barus sebatas konsep. Yamaha masih melihat pasar untuk motor listrik ini.