POPULAR STORIES

Andrea Dovizioso Jajal Aprilia RS-GP, Begini Reaksinya

Andrea Dovizioso Jajal Aprilia RS-GP, Begini Reaksinya Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Mantan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso akhirnya menjalani hari pertama uji coba tertutup bersama Aprilia Racing di Sirkuit Jerez, Spanyol pada Senin (12/04).

Saat menjajal motor pabrikan asal Italia tersebut, tidak ada catatan waktu resmi yang dicetak oleh Dovizioso, tetapi menurut kabar dirinya cukup tampil cepat dengan Aprilia RS-GP. Seperti yang diketahui, pengumuman uji coba Dovizioso bersama Aprilia ini memang mengejutkan di dunia balap kelas premier tersebut.

Baca juga: Marc Marquez akan Kembali di MotoGP Portugal 2021

Karena sebelumnya, pembalap berumur 35 tahun tersebut sempat menolak tawaran dari pabrikan asal Italia tersebut pada September 2020, baik sebagai pembalap maupun test rider. Namun, tampaknya Dovi telah berubah pikirannya usai melihat Aleix Espargaro tampik apik dalam sesi tes pramusim di Qatar.

Meski begitu, kedua pihak menegaskan bahwa uji coba di Jerez ini digelar tanpa ikatan kontrak apa pun dan murni digelar hanya untuk mendengar pendapat soal motor Aprilia RS-GP21. Pada tes tertutup ini, Dovi mulai turun ke trek mulai dari 10.30 sampai 18.00 waktu setempat. Dirinya melakukan tes bersama dengan para test rider Yamaha, Honda, dan KTM serta pembalap MotoE. Dovi menjajal motor Aprilia hanya 4-5 lap saja karena masih beradaptasi dengan motor.

Saat tes hari pertama, Dovi hanya fokus pada ergonomi motor dan mencari posisi duduk yang tepat, karena RS-GP selama ini dikembangkan berdasarkan masukan dari Aleix yang tinggi badannya jauh lebih tinggi. Dovi pun mencatatkan waktu antara 1:39,005 detik sampai 1:40,000 detik (tidak resmi). Usai menjajal motor, Dovi hanya mengatakan “Ini motor yang mudah” itulah kata-kata pertama yang diucapkan saat turun dari motor.

Di Sirkuit Jerez, Dovi ditemani oleh Massimo Rivola (CEO Aprilia), Romano Albesiano (Direktur Teknis) dan kedua pembalap Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori. Di sisi lain, ada rumor bahwa jika seluruh sesi uji coba berjalan lancar dan menghasilkan hasil-hasil menarik. Dikabarkan, Dovi akan hadir di tes kedua di Sirkuit Mugello, Italia pada bulan Mei mendatang.

Baca juga : Usai Menjalani Operasi, Iker Lecuona Berharap Bisa Tampil Di MotoGP Portugal 2021

Massimo Rivola menambahkan, di Jerez hanya akan menjadi kesempatan untuk saling mengenal lebih baik. Hari ini hanya memberikan kesempatan untuk berkendara bersaam tanpa kewajiban apapun untuk masa depan. Pihak Aprilia tahu nilai Dovizioso dan kontribusinya akan penting meski hanya satu tes.

“Jika setelah Jerez dia memberi tahu kami ‘mengapa kita tidak pergi ke Mugello Juga?’ maka saya akan menjadi orang paling bahagia di dunia. Jadi Anda bisa menguji motor di dua trek yang berbeda. Tetapi, kami akan lihat apakah masih tersedia,” tutup Rivola.