POPULAR STORIES

Andrea Dovizioso Pensiun Lebih Awal Usai GP San Marino 2022

Andrea Dovizioso Pensiun Lebih Awal Usai GP San Marino 2022 Andrea Dovizioso (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Pembalap WithU RNF Yamaha, Andrea Dovizioso baru-baru ini mengumumkan akan pensiun lebih cepat usai MotoGP San Marino 2022.

Baca Juga : Resmi! Sirkuit Portimao Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023

Sebelumnya, pembalap bernomor 04 itu memutuskan untuk cuti setelah kontraknya dengan tim pabrikan Ducati tidak diperpanjang pada akhir musim 2020 lalu. Selama masa cuti, dirinya pernah menjajal Aprillia RS-GP sebagai test rider dan akan bergabung dengan pabrikan Noale tersebut. Setelah itu, keputusannya berubah dan bergabung dengan tim satelit Yamaha tersebut.

Tetapi, comeback pembalap asal Italia itu tidak berjalan sesuai harapan. Saat ini, dirinya hanya mampu mencetak 10 poin sepanjang musim 2022 dengan pencapaian terbaik finis posisi ke-11 di GP Portugal. Kecewa dengan performanya sendiri, Dovi berencana untuk tidak melanjutkan MotoGP dan beralih ke Aprillia untuk menjadi test rider usai akhir musim ini.

“Pada tahun 2021, saya memutuskan untuk mencobanya karena saya percaya pada proyek ini. Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir MotoGP telah berubah dan situasinya sangat berbeda. Saya tidak pernah nyaman dengan motornya, dan saya tidak dapat mengeluarkan potensi M1,” ungkap Andrea Dovizioso.

Baca Juga : Begini Rencana Andrea Dovizioso Usai Pensiun Dari MotoGP

Cal Crutchlow menggantikan posisi Dovi

Usai GP San Marino, pihak berlogo garpu tala itu telah menunjuk Cal Crutchlow untuk mengisi posisi Dovi untuk enam seri terakhir. Artinya, musim depan RNF Racing yang akan berkolaborasi dengan Aprillia harus mencari pembalap baru untuk memulai musim 2023. Sebelum pensiun, Dovi mengucapkan permintaan maaf dan terima kasih kepada pihak tim yang telah mendukungnya.

“Hubungan tetap loyal dan secara professional menarik bahkan dalam momen-momen kritis. Saya berterima kasih kepada Yamaha, tim saya dan WithU yang terlibat dalam proyek ini. Saya juga ingin meminta maaf jika perjalanan saya berakhir lebih awal di Misano,” tutup Dovi.