POPULAR STORIES

Resmi! Sirkuit Portimao Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023

Resmi! Sirkuit Portimao Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023 MotoGP Portimao 2022 (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Balapan MotoGP di Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve alias Portimao, Portugal, resmi ditunjuk sebagai seri pembuka MotoGP 2023.

Pihak penyelenggara MotoGP yaitu Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM) sendiri belum merilis jadwal full untuk musim depan, tetapi sudah ada bocoran bahwa ada rotasi untuk musim baru. Seri Portugal ini akan menggantikan posisi GP Qatar yang rutin menjadi seri pembuka kalender ajang balap bergengsi ini sejak 2007 silam, kecuali musim 2020 saat pandemi Covid-19.

Baca juga: Astra Otoparts Kembali Sponsori Gresini Racing Di MotoGP 2023

Tentu, hal tersebut akan menjadi pertama kali dalam sejarah. Selain itu, Sirkuit Portimao juga mendapatkan keistimewaan untuk menjadi tempat tes pramusim MotoGP 2023. Pihak FIM melakukan rotasi ini karena Sirkuit Losail, Qatar dalam tahap renovasi untuk menyambut ajang balap Formula (F1).

“Sirkuit Internasional Losail akan menjalani renovasi dan peremejaan ekstensif di area paddock dan fasilitas pada 2023. Tetapi, Sirkuit ini akan tetap berada di kalendar MotoGP hingga 2023 mendatang,” ungkap pernyataan resmi pihak FIM.

Baca juga: Begini Rencana Andrea Dovizioso Usai Pensiun Dari MotoGP

Sirkuit Losail dalam tahap renovasi

Diyakini renovasi tersebut akan memakan waktu sedikit lebih lama, karena pihak pemerintah Qatar sendiri sedang sibuk untuk mempersiapkan gelaran FIFA World Cup yang digelar pada akhir tahun 2022 ini.

Jadi, saat ini Losail belum mendapatkan kepastian akan dapat menggelar balapan di seri ke berapa. Ada kemungkinan akan digeser menjadi seri kedua atau dipindah di akhir musim 2023. Jadi, kita tunggu saja perilisan kalender resmi MotoGP 2023 ya Sob!