POPULAR STORIES

Kaleidoskop Motorsport Global Selama Tahun 2023, Simak Masing-masing Juaranya

Kaleidoskop Motorsport Global Selama Tahun 2023, Simak Masing-masing Juaranya Francesco Bagnaia (Foto: WRC, Formula1, Dakar, MotoGP, FormulaE, Kipli)

KabarOto.com - Tahun 2023 akan segera berahir, banyak event-event di dunia motor sport yang terjadi, lahirnya juara-juara baru serta perpindahan pembalap ke tim balap mobil dan juga maotor. KabarOto akan merangkum kaleidoskop atau kejadian penting di dunia motorsport sepanjang tahun 2023.

MotoGP

Tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia secara luar biasa, mampu mempertahankan gelar juara MotoGP. Ia sukses merebut gelar perdana MotoGP di 2022 kembali berhasil bersinar di 2023 dan meraih gelar keduanya di tahun tersebut.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Bakal Menghadapi Persaingan Lebih Ketat Di MotoGP 2024

Selain mempertahankan gelar juara MotoGP, Bagnaia juga sukses mematahkan kutukan pengguna nomor 1 di ajang balap tersebut.

Seperti yang diketahui, Bagnaia mengunakan nomor 1 di MotoGP 2023, di mana hanya boleh dipakai oleh rider yang sukses menjadi juara di musim sebelumnya.

Menariknya ada mitos pengguna nomor 1 tidak akan bisa mempertahankan gelar juara MotoGP. Banyak bukti yang menghilangkan kutukan tersebut, seperti Nicky Hayden (MotoGP 2007), Jorge Lorenzo (MotoGP 2011), dan Casey Stoner (MotoGP 2008 dan 2012).

Formula 1

Formula 1 musim 2023 telah usai, Max Verstappen dan Red Bull Racing keluar sebagai juara dunia baik di klasemen pembalap, atau konstruktor.

Berhasil mengumpulkan 575 poin sepanjang musim ini, dominasi pembalap Belanda itu telah mencetak beberapa rekor. Dalam satu musim 2023, ada 23 seri namun hanya 22 seri yang berlangsung. Dari 22 seri itu, Verstappen memenangkan 19 seri. Dari 19 kali kemenangan itu, Max 10 kali menang beruntun, serta 21 kali podium.

Verstappen juga tercatat sebagai pembalap yang memimpin balapan selama lebih dari 1.000 lap dalam satu musim. Lalu menjadi satu-satunya pembalap F1 selalu finis musim ini.

Selain itu Verstappen juga meraih total poin tertinggi sepanjang masa dengan 575 poin, dengan selisih terjauh juga dari pembalap kedua, yakni rekan setimnya sendiri, Sergio Perez yakni 290 poin.

World Rally Championship (WRC)

Pembalap Toyota Gazoo Racing World Rally Team (TGR WRT) Kalle Rovanperä dan co-driver Jonne Halttunen, telah mengamankan gelar juara dunia Pembalap World Rally Championship (WRC) 2023. Kedua kalinya berturut-turut setelah finish kedua di Central European Rally (Reli Eropa Tengah).

Baca Juga: F1 2023 Berakhir, Max Verstappen Cetak 3 Rekor

Setelah dinobatkan sebagai Juara Dunia WRC termuda pada tahun 2022, dengan mengendarai GR Yaris Rally1 Hybrid, Rovanperä kini menjadi pembalap keenam yang meraih gelar juara dunia berturut-turut dalam sejarah reli dunia WRC.

World Superbike (WSBK)

Alvaro Bautista dipastikan mengunci gelar juara dunia World Superbike (WSBK) 2023 usai menang Race 1 WSBK Spanyol, Sabtu (28/10/2023). Pembalap Aruba.it Racing itu berhasil mengunci gelar juara WSBK 2023.

Prestasi ini membuat Bautista memecahkan rekor sebagai pembalap yang sukses back to back juara WSBK. Pasalnya, ia merupakan pembalap yang juga sukses juara di WSBK 2022.

Kemenangan Race 1 WSBK Spanyol 2023 membuat Bautista mengoleksi 591 poin, dan menempati posisi puncak klasemen WSBK 2023. Toprak berada di posisi kedua dengan mengemas 526 poin. Lalu di peringkat ketiga klasemen WSBK ditempati Jonathan Rea dengan mengantongi 363 poin.

Dakar Rally

Pereli tim Toyota Gazoo Racing, Nasser Al-Attiyah, berhasil menjadi juara Reli Dakar 2023 di Arab Saudi. Laju Nasser Al-Attiyah untuk menjadi juara Reli Dakar 2023 terbilang sangat mulus, bahkan lebih mudah dari musim sebelumnya.

Pembalap asal Qatar ini, sempat mengawali kompetisi Reli Dakar 2023 dengan protes keras kepada juri. Al-Attiyah kesal karena keputusan menambah limit tenaga mesin mobil hybrid Audi yang dikendarai Carlos Sainz, Stephane Peterhansel dan Mattias Ekstrom.

Namun siapa sangka, perjalanan Stephane Peterhansel dan Carlos Sainz ternyata masih tak berbeda jauh dari musim 2022 lalu. Selain gagal kompetitif, Peterhansel dan Sainz juga mengalami crash yang membuat mereka mundur dari Reli Dakar 2023.

Peterhansel mundur di etape 6, setelah sang co-driver, Edouard Boulanger, mengalami cedera punggung karena crash. Sedangkan Carlos Sainz mundur setelah mobilnya tidak bisa diperbaiki lagi, usai mengalami crash parah di awal etape 9.

Formula E

Pembalap tim Avalanche Andretti, Jake Dennis, berhasil merebut gelar juara dunia pada ajang balap mobil listrik Formula E, usai menyelesaikan putaran terakhir musim sembilan di kampung halamannya di London, Inggris.

Ini merupakan gelar juara dunia pertama bagi Dennis, sekaligus kemenangan perdana bagi tim Amerika Serikat, Andretti. Dennis bersaing ketat di balapan pamungkas dengan para kompetitor kuat di musim ini seperti Nick Cassidy (Envision Racing), yang meraih pole pada balapan, Mitch Evans (Jaguar TCS Racing) yang baru saja menaklukkan Formula E Roma beberapa waktu lalu, serta Sebastien Buemi (Envision Racing).

Baca Juga: Formula E 2024 Usung Tema 'It's On', Ini Maknanya

Dennis menuju balapan dengan unggul 24 poin dari Cassidy, yang meraih tiga poin sebelum balapan dimulai dengan mendapatkan pole. Cassidy memimpin tahap awal balapan sebelum menyerahkan posisi teratas kepada sang pembalap tuan rumah.

Adapun Dennis dinobatkan sebagai juara dunia dengan 213 poin, sementara Evans memiliki 176 poin dan tidak dapat mengejarnya dengan satu balapan tersisa.