POPULAR STORIES

Anggota Silverian Tambah Pengetahuan Mengemudi Melalui Webinar Perdana

Anggota Silverian Tambah Pengetahuan Mengemudi Melalui Webinar Perdana Ilustrasi mobil anggota SCCI (Silverians)

KabarOto.com - Biasanya, anggota komunitas mobil kerap melakukan kumpul-kumpul atau kopi darat (kopdar) di suatu tempat seperti cafe, atau restoran untuk menjadi ajang silaturahmi sesama anggota.

Sejak pandemik Covid-19 yang menyebar di Indonesia, kebiasan kumpul secara fisik tersebut menjadi berubah. Kini, para anggota komunitas lebih sering menggunakan media digital sebagai gantinya.

Baca Juga: 100 Unit Civic Type R Limited Edition Ludes Dalam Waktu 4 Menit Saja

Salah satunya, dilakukan oleh para anggota Silver Cars Community Indonesia (SCCI), atau yang biasa disebut Silverians.

"Kami masih membatasi pertemuan pertemuan langsung dalam skala besar, dikarenakan jumlah lonjakan terdampak positif Covid-19 masih tidak stabil dan cenderung meningkat," ujar Igo R Budiman, Humas SCCI.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mengobati rasa rindu kopdar, pengurus SCCI lantas membuat suatu event web-seminar atau yang sering disingkat webinar, melalui media Zoom Meeting dengan tema Road Safety Coaching Clinic, pada 13 Juni 2020.

Pemaparan aturan di jalan raya

"Acara ini digagas demi terwujudnya Silverians menjadi komunitas pecinta tertib lalu lintas, dan selalu mengedepankan aspek keselamatan menjadi prioritas utama," jelas Igo dalam keterangan resminya.

Acara diisi dengan paparan presentasi Defensive Driving, oleh narasumber Lilik Andi Bariono, selaku Profesional Road Safety Instructor dan juga anggota dari Silverians.

Dalam paparan presentasi dibagi dengan 2 sesi dan diselingi dengan sesi tanya jawab. Pada sesi pertama, presentasi mengupas tentang aktivitas mengemudi dengan segala potensi resiko yang ada, serta kondisi jalan raya dengan situasi yang sangat dinamis dan penuh bahaya.

Lanjut pada sesi kedua, diisi penjelasan mengenai faktor-faktor penyebab dan pemicu kecelakaan, manajemen keletihan, dinamika kendaraan dan juga teknik mengemudi dengan resiko rendah.

Baca Juga: Walau Pandemik, Mitsubishi Tetap Tawarkan Promo Xpander Series Khusus Juni 2020

Anggota silverians dan para undangan pun terlihat sangat antusias mengikuti acara ini, dan melakukan interaksi dengan narasumber. Hal itu terlihat, dari agenda acara yang seharusnya berjalan selama 120 menit, akhirnya berlangsung lebih dari 180 menit.

"Alhamdulillah acara webinar perdana Silverians berjalan dengan sangat sukses, berkat kerja sama yang baik dari team pelaksana. Rencananya, acara webinar ini akan berlangsung secara rutin dengan topik pembahasan yang berbeda beda," pungkas Igo.