POPULAR STORIES

Apa Arti Tulisan Pada Kaca Spion Mobil?

Apa Arti Tulisan Pada Kaca Spion Mobil?

KabarOto.com – Apa sobat KabarOto pernah melihat pada beberapa mobil mewah terkadang terdapat tulisan dalam bahasa inggris “The Object In Mirror Closer Than they Appear”, atau dalam bahasa Indonesia adalah “objek yang ada pada cermin lebih dekat dari terlihat”.

Sumber : gettyimage.com

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Begini penjelasannya, menurut kutipan dari science.howstuffworks.com, tulisan itu merupakan peringatan kepada pengemudi dan penumpang. Sebab, beberapa pabrikan mobil membuat kaca spion agak cembung demi membuat efek lebih luas saat pengemudi melihat spion.

Karena ketika kita melihat objek dari kaca spion, objek tersebut sebenarnya lebih besar dan dekat dari yang kita lihat pada spion, dan tulisan tersebut untuk mempersepsi pengemudi untuk menjaga jarak amannya terlebih dahulu. Jadi, ujung-ujungnya memang kembali untuk fitur keamanan.

Baca juga : Kolaborasi Hyundai Dan WayRay Ciptakan Kaca Holografik

Kenapa hal itu terjadi? Karena otak manusia akan membandingkan seberapa besar sebuah mobil yang terlihat pada cermin dengan seberapa besar mobil itu dalam bentuk aslinya, dan ketika semakin besar perbedaan yang kita rasakan, semakin besar juga jarak yang dirasakan oleh pengemudi.

Sumber : autocar.co.uk

Penggunaan cermin cembung seperti ini memang memiliki kelebihan lebih luas dari jarak pandangnya, ketimbang cermin datar yang sesuai dengan objek di depannya. Lalu benefit lain yang kita dapat adalah bidang pandang yang lebih luas, yang artinya titik buta/blind spot jauh lebih kecil. Tetapi, Cermin cembung akan mengorbankan persepsi kita soal jarak yang sesungguhnya untuk bidang pandang yang lebih luas.

Baca juga : Jangan Sembarangan Cuci Mobil, Begini Caranya!

Tulisan pada spion ini umum digunakan pada mobil-mobil di negara tertentu seperti Amerika Serikat, Kanada, Nepal, India, dan Arab Saudi. Namun, Tak jarang juga mobil di Indonesia yang menggunakan tulisan ini, biasanya karna mobil itu CBU bukannya CKD.