POPULAR STORIES

Apa Fungsi Engine Flush? Begini Penjelasannya

Apa Fungsi Engine Flush? Begini Penjelasannya Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Mesin di sebuah mobil memang merupakan bagian paling penting untuk diperhatikan. Oli mesin harus rutin diganti setiap 6 bulan atau 5.000 km sekali agar mesin terjaga performanya.

Namun pada saat penggantian oli biasanya di ruang bakar pasti ada sisa-sisa oli bekas pembakaran yang menjadi kerak, dan tidak terbuang sempurna saat ganti oli. Solusi permasalahan itu adalah engine flush.

"Engine flush adalah sebuah perawatan yang bertujuan menghilangkan kerak oli lama yang menempel pada saluran oli mesin dengan cara menambahkan cairan khusus ke dalam oli mesin," ujar Edwin Dwi Novianto yang merupakan Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau.

Baca Juga : Mobil Tidak Dipakai Lama Harus Ganti Oli? Begini Jawabannya

Cara kerjanya cukup sederhana, ketika mau ganti oli, masukkan lebih dahulu engine flush ke saluran pengisian oli. Lalu biarkan mesin menyala, di sini cairan akan bersirkulasi dan bekerja membersihkan kerak di ruang mesin.

Beberapa merek engine flush di pasaran.

Setelah beberapa saat, bisa lakukan penggantian oli seperti biasa. Biarkan oli bekas yang sudah tercampur engine flush keluar. Setelah itu bisa memasukkan oli baru ke mesin.

Baca Juga : Rawan Dol, Begini Cara Perlakukan Baut Saat Ganti Oli

Sobat KabarOto juga bisa cek menggunakan dipstick oli di mesin apakah sudah kental atau tidak. Kalau oli kental, maka ada kemungkinan keraknya banyak, maka sebaiknya lakukan engine flush.