POPULAR STORIES

Apa Itu Sistem Injeksi Pada Motor?

Apa Itu Sistem Injeksi pada Motor? Sistem Injeksi motor (Kabaroto/Noza)

Kabaroto.com - Saat ini sepeda motor berteknologi injeksi telah menjamur di tanah air. Anda bisa melihatnya pada logo PGM-Fi di motor Honda dan YMJet-Fi di motor Yamaha. Lantas, apa pengertian injeksi?

Teknologi EFI (Electric Fuel Injection) adalah sebuah teknologi di dalam mesin, yang bertugas untuk menggantikan fungsi karburator namun telah terintegrasi secara elektronik. Pada motor konvensional, karburator berfungsi untuk menyuplai bahan bakar , bersama udara ke dalam mesin.

Pada sistem EFI komponen karburator disederhanakan hanya menjadi katup gas tanpa venturi. Sementara bahan bakar langsung disuplai dari tanki melalui injector yang penyemprotanya diatur secara elektrik oleh ECU (Electronic Control Unit) sehingga lebih efisien.

Kelebihan motor injeksi yakni, lebih hemat dan efisien, karena volume bahan bakar dikalkulasi secara akurat oleh ECU. Sehingga akan menghasilkan campuran yang selalu ideal. Lebih ramah lingkungan, karena memiliki campuran yang ideal pembakaran pun berlangsung lebih sempurna.

Sehingga, motor tidak menghasilkan gas beracun yang berlebih. Tidak memerlukan sistem cok, sistem cok berguna ketika suhu intake masih dingin. Bensin yang diperlukan juga semakin banyak. Pada sistem EFI cok tidak lagi diperlukan karena sudah diatur oleh ECU.Perawatan lebih simple, motor EFI tidak lagi memiliki pengaturan ISAS dan IMAS sehingga kita tidak perlu repot melakukan penyetelan untuk seting idle RPM.