POPULAR STORIES

Apa Saja Persiapan Menjelang MotoGP Mandalika 2023?

Apa Saja Persiapan Menjelang MotoGP Mandalika 2023? Tribun penonton di Sirkuit Mandalika (Foto: KabarOto/MGPA)

KabarOto.com - Menyambut MotoGP Mandalika 2023, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola KEK Mandalika melakukan persiapan kawasan seperti pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur.

Pembangunan ini meliputi jalan kawasan sepanjang 35 km, kantong-kantong parkir 7.888 kapasitas (mobil & motor), gate kawasan, dan pembangunan Kuta Lane sebagai landmark baru kawasan yang menjadi salah satu spot favorit bagi para wisatawan yang menghubungkan Bazaar Mandalika menuju area Kuta Beach Park (KBP).

“Suksesnya penyelenggaraan Indonesian GP akan menjadi momentum bagi destinasi wisata lainnya," ujar Direktur Utama ITDC, Ari Respati.

Baca Juga: Valentino Rossi Bakal Balapan Di MotoGP Mandalika 2023?

Renovasi Sirkuit Mandalika, menjelang MotoGP Mandalika 2023

Pembangunan infrastruktur kawasan gelaran tahun ini untuk memperbaiki dari keluhan tahun lalu seperti kemacetan dan lain sebagainya. Selain itu, seiring dengan pembangunan KEK Mandalika, penyelenggaraan event balap internasional Indonesian GP dan event olahraga kelas dunia lainnya diharapkan dapat memberikan dorongan yang kuat untuk pertumbuhan ekonomi lokal hingga nasional.

Sementara itu, MGPA dan Dyandra&Co juga memaparkan berbagai rencana yang akan diimplementasikan di gelaran tersebut. “Persiapan Pertamina Mandalika International Circuit untuk menggelar Indonesian GP 2023 hampir mencapai 100%. Berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari perbaikan lintasan (track), kesiapan marshal, medical centre, fasilitas paddock, grandstand, hingga inner-circuit,” papar Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA.

MGPA bersama Roadgrip Ltd telah memulai pengecatan ulang kerb dan area run-off Sirkuit. Dari total luasan 27.380 m2, pengecatan ulang telah mencapai kurang lebih 22.000 m2. Selain itu, telah dilakukan juga pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan FIM, serta timing system.

Sirkuit Mandalika

Pelatihan bagi marshal yang akan bertugas selama gelaran race juga sudah dilakukan. Tercatat 402 marshal yang 95% berasal dari warga lokal telah siap untuk bertugas. Dari sisi medical centre, bekerja sama dengan RSUD Provinsi NTB, MGPA telah menyiapkan penyediaan peralatan medis yang lengkap seperti ambulans, menyediakan tim medis yang berpengalaman serta fasilitas perawatan darurat.

Sementara di area paddock, MGPA terus berkoordinasi dengan Dorna Sports SL untuk menyiapkan layout dan berbagai fasilitas sebagai pusat operasi bagi tim balap, termasuk paddock facilities lainnya seperti Media Center, Relaxing Zone, dan Team Office.