POPULAR STORIES

Apa Sih Modifikasi OEM Look? Ini Penjelasannya

Apa Sih Modifikasi OEM Look? Ini Penjelasannya

KabarOto.com – Zaman sekarang modifikasi memiliki banyak alirannya, seperti racing, stance, rally look, dan yang sekarang sedang diminati ialah OEM look. Tapi sebenarnya apa sih modifikasi OEM look itu? Begini penjelasannya.

Original Equipment Manufacturer atau OEM merupakan produk asli yang diproduksi oleh perusahaan dengan merek sama atau bisa juga di re-branding, “Sebenarnya modifikasi OEM itu memiliki 3 jenis. Restorasi OEM, OEM look/+, dan Super OEM,” ujar Andre Super OEM saat dihubungi oleh tim KabarOto via chat.

Contoh modifkasi OEM Look oleh Andre Super OEM

Sehingga bisa dibilang aliran modifikasi ini kebanyakan menggunakan komponen orisinal bawaan pabrik ketimbang merek aftermarket. “Tapi kalau mobil keluar diler bukan modifikasi OEM look namanya, tapi standar,” jelas pria ramah itu.

Baca Juga : Gokil, Suzuki Jimny Dimodifikasi Bisa Melesat Di Air

Untuk pengertiannya sendiri, restorasi OEM seperti namanya “restorasi” yakni membangun mobil tua yang mungkin sudah pernah diganti peleknya atau jok kulitnya, dikembalikan lagi seperti keadaannya seperti semula layaknya baru keluar diler.

Ilustrasi modifikasi Super OEM Lancer (kecuali pelek).

Lalu OEM look atau OEM+, nah kalau ini memodifikasi mobil agar semirip mungkin dengan versi CBU negara lain, misalnya JDM, USDM, atau EUDM, dan tetap menjaga komponen asli itu sendiri. Misalnya saja menggunakan pelek kaleng dengan dop, lalu pemanis seperti washer dummy, kaca film bening, roofrack dan lain-lain.

Baca Juga : Gokil, Modifikasi Audi A4 Habis Hingga Miliaran

Terakhir ada Super OEM, sedikit berbeda dari OEM look dimana modifikasinya menggunakan aksesori tambahan tapi tetap orisinal khusus untuk mobil tersebut. “Aliran full OEM itu tidak mengenal namanya part aftermarket, kustom, ceper, ataupun knalpot racing,” ujar pemilik akun @andresuperoem tersebut.