POPULAR STORIES

Aprilia Uji Coba Perangkat Baru Di Tes MotoGP Catalunya

Aprilia Uji Coba Perangkat Baru di Tes MotoGP Catalunya Maverick Vinales jajal perangkat baru. Sumber Foto : Dorna Sports

KabarOto.com – Pabrikan tim asal Italia, Aprilia Racing menguji beberapa perangkat baru di sesi tes yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Senin (6/6).

Sebelumnya, Aprilia juga melakukan uji coba spoiler kecil seperti huruf T yang terpasang di bagian buntut RS-GP. Tidak puas dengan satu perangkat saja, awal pekan ini para ahli pabrikan Noale itu mencoba fairing baru.

Baca juga: Aleix Espargaro Minta Maaf Karena Lakukan Blunder Fatal

Dari depan memang tidak terlalu terlihat. Tetapi, jika dilihat dari samping terdapat ada tonjolan bagian sisi fairing. Sekilas, mirip tempat radiator samping (sidepod) pada mobil-mobil Formula (F1). Namun di RS-GP tidak terlalu besar.

Bila melihat bentuk dan desain sisi luar sidepod yang melengkung seperti sayap pesawat ini jelas tujuannya untuk aliran udara. Tonjolan bagian samping ini seperti anak tangga, membuat bagian bawah motor menjadi sedikit lebar.

Baca juga: Usai Insiden MotoGP Catalunya 2022, Suzuki Layangkan Protes

Fairing baru yang dicoba di motor milik Maverick Vinales ini diyakini mampu melancarkan aliran udara, tidak hanya yang lewat dri luar saja tetapi juga dari dalam. Tetapi, fairing anyar ini hanya memiliki satu aliran udara saja untuk mengeluarkan suhu panas mesin.

Selain fairing, Aprilia juga menjajal buntut baru dengan spoiler kecil. dengan kombinasi tersebut diyakini akan membantu meningkatkan kestabilan pada bagian belakang.