POPULAR STORIES

Ariel Nomad R, Mobil Off-Road Berpesifikasi Raja Jalanan

Ariel Nomad R, Mobil Off-Road Berpesifikasi Raja Jalanan Sumber Foto : Ariel Motor Company

KabarOto.com – Pabrikan asal Inggris yaitu Ariel Motor Company, baru saja meluncurkan produk terbaru mereka yaitu Nomad R. Nomad R ini memiliki spesifikasi mesin yang lebih bertenaga serta sasis setara dengan spesifikasi pelahap aspal.

Berbeda dengan varian standar yang menggusung mesin Honda K24 berkapasitas 2.400 cc. Nomad R menggunakan unit K20Z3 berkapasitas 2.000 cc empat silinder yang sudah dimodifikasi oleh Ariel, lalu dikawinkan dengan supercharger lansiran Eaton.

Baca Juga : Surabaya Ditunda, GIIAS Di ICE BSD Tetap Digelar Akhir Oktober

Selain itu, menggunakan knalpot stainless steel, sistem injeksi yang sudah ditingkatkan, coil pack baru serta intercooler baru.

Alhasil tenaga yang dihasilkan mencapai 335 dk dan torsi 330 Nm, alias lebih besar 100 dk dan 90 Nm dari varian standar. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dan disambung ke transmisi enam percepatan sequential. Dari hasil tes Ariel Nomad R ini dapat berlari 0-100 kpj tuntas dalam 2.9 detik saja. Dan, memiliki kecepatan maksimal mencapai 195 kpj.

Pihak Ariel klaim untuk transmisi Nomad R ini setara dengan yang digunakan oleh mobil rally aspal. Transmisi lansiran dari Sadev bobotnya hanya 38 kg yang oil pump-nya terintegrasi. Selain itu, transmisi ini memiliki dog ring engagement dan straight-cut gear. Artinya, transmisi ini minim selip saat melakukan perpindahan gigi.

Baca juga: Audi SQ7 dan SQ8 Lebih Bertenaga Berkat Mesin V8 Anyar

Pada bagian pelek berukuran 18 inci dan dibalut ban lansiran Yokohama. Bagian pengereman menggunakan kaliper besar lansiran Alcon dengan empat piston di semua roda. Lalu pada bagian suspensi tentunya berbeda dengan standar, Nomad R menggunakan suspensi lansiran Bilstein yang dapat diatur.

Bicara soal harga, Ariel Nomad R ini harganya US$81.300 atau setara Rp1,91 miliar. Dan Ariel hanya membuat 5 unit saja. Dan, dilaporkan hanya tersisa dua unit lagi untuk di bawa pulang. Jadi, jangan sampai ketinggalan Sob!