POPULAR STORIES

Audi SQ7 Dan SQ8 Lebih Bertenaga Berkat Mesin V8 Anyar

Audi SQ7 dan SQ8 Lebih Bertenaga Berkat Mesin V8 Anyar Audi SQ7, Sumber Foto : Audi

KabarOto.com – Pasar Eropa, Audi SQ7 dan Audi SQ8 dipastikan mendapatkan mesin yang bertenaga. Adapun mesin baru 4.000 cc, V8 TFSI, diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 500 dk dengan torsi 770 Nm.

Dari tenaga sebesar ini, pihak Audi memastikan Sport Utility Vehicle ini dapat berlari 0-100 kpj tuntas dalam 4,1 detik saja dan memilki kecepatan maksimal hingga 250 kpj. Tentunya kecepatan itu dibatasi ya Sob!

Baca Juga : Modifikasi ABT Bikin Audi RS6 Lebih Galak

Mesin V8 ini tidak seperti diesel yang memiliki teknologi 48V mild-hybrid, melainkan sistem cylinder on demand (COD) menjadi keunggulan fitur mesin ini. Jika Sobat belum tahu, teknologi ini bertujuan untuk membuat bahan bakar lebih hemat dengan mematikan empat silindernya. Saat cruising hanya empat silindernya yang berjalan, jika menginjak pedal lebih dalam sistem akan mengaktifkan kembali sisa empat silindernya.

Selain itu, twin-scroll turbochargernya di posisikan 90 derajat dari mesin. Alhasil memberikan respon turbo lag yang lebih minim saat menginjak pedal gas di putaran mesin rendah.

Pihak Audi memastikan konsumen dapat menikmati suara mesin V8 sekaligus kehalusan empat silindernya untuk minim kegataran yang masuk ke kabin. Getaran ini dapat direduksi karena Audi menyematkan active engine mounting.

Tenaga 500 dk tersebut tentu disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis delapan percepatan tiptronic. Dalam keadaan standar, kedua SUV ini mendapatkan fitur adaptive air suspension dengan controlled dampers.

Baca Juga : Audi Q4 E-Tron Concept, Masa Depan SUV Listrik Siap Produksi

Audi SQ8

Untuk memberikan handling yang lebih baik, SQ7 dan SQ8 mendapatkan sistem all-wheel steering. Saat berjalan kecepatan rendah, roda belakang bisa berbelok hingga 5 derajat. Sistem ini memudahkan saat memutar balik di lahan parkir terbatas.

Selain itu pada bagian suspensi memiliki fitur electro-mechanical active roll stabilization (eAWS), yang bertujuan mengurangi bodi roll saat kecepatan tinggi di tikungan. Lalu paket ini juga mendapatkan sport differential, yang mampu mengontrol saat mengalirkan tenaga ke roda belakang terutama saat tikungan.

Dalam keadaan standar, Audi SQ7 mendapatkan pelek 20 inci dengan opsional pelek besar 22 inci. Sementara, SQ8 standarnya mendapatkan pelek 21 inci dan terdapat opsi pelek 22 inci hingga 23 inci.

Kedua SUV ini memiliki kaliper rem besar 400 mm untuk bagian depan, kaliper ini berwarna hitam dengan embos S khas Audi. Pihak pabrikan juga menawarkan piringan rem berbahan carbon fiber untuk bagian depan dan belakang.

Baca Juga : Target Selesai Pertengahan 2021, ITDC Kebut Pembangunan Sirkuit Mandalika

Audi SQ7 dan SQ8 memiliki Audi drive select system, terdapat tujuh mode di antaranya comfort, auto, dynamic, efficiency, allroad, offroad, dan individual.

Kedua SUV dengan mesin paling bertenaga ini akan mulai meluncur di Eropa pada musim gugur mendatang atau sekitar bulan September-November. Bicara soal harga, untuk Audi SQ7 mulai dari EUR93.287 atau setara Rp1,559 miliar sementara untuk SQ8 mulai dari EUR101.085 atau setara Rp1,689 miliar.