POPULAR STORIES

Target Selesai Pertengahan 2021, ITDC Kebut Pembangunan Sirkuit Mandalika

Target Selesai Pertengahan 2021, ITDC Kebut Pembangunan Sirkuit Mandalika Desain Sirkuit Mandalika (KO/Edo)

KabarOto.com - Guna mempercepat penyelesaian pembangunan Mandalika Street Circuit (Sirkuit Mandalika), Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) baru saja menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT Pembangunan Perumahan, Tbk, disingkat PT PP, Tbk, senilai Rp 900 miliar.

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan Direktur Utama PT PP Novel Arsyad dengan disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, bertempat di Gedung Mandiri Club, Jakarta, Rabu (15/07).

Baca Juga: Honda Civic Type R Limited Edition Menjadi Mobil Tercepat Di Suzuka

Abdulbar M. Mansoer mengatakan, saat ini pihaknya sedang fokus untuk menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika, guna menyambut penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang direncanakan berlangsung pada akhir tahun 2021.

"Dengan menggandeng PT PP yang merupakan BUMN jasa konstruksi terintegrasi, kami yakin akan menghasilkan sebuah sirkuit jalan raya berkualitas Internasional dan sesuai standar yang ditentukan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) serta dapat selesai sesuai jadwal," tutur Abdulbar.

Lebih lanjut ia mengatakan, progres atas pekerjaan-pekerjaan awal sirkuit yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, termasuk pekerjaan persiapan dan pekerjaan ground work, proyek pembangunan sirkuit Mandalika telah mencapai 40% dan proses pengaspalan dijadwalkan akan mulai dilakukan pada Januari 2021.

Penangatanganan kerjasama (ITDC)

Secara keseluruhan, pembangunan Sirkuit Mandalika ditargetkan akan selesai pertengahan 2021. Dengan perjanjian ini, PT PP akan melanjutkan pembangunan Sirkuit Mandalika yang sudah berlangsung sampai tahap Final Project Hand Over.

"ITDC telah menunjuk MGPA sebagai anak usaha ITDC yang menangani persiapan serta penyelenggaraan MotoGP dan seri balap lainnya di Sirkuit Mandalika," jelas Abdulbar dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Bentley Flying Spur, Kini Mendapat Tatanan Lebih Mewah

Sirkuit ini seluas 52,5 hektar ini, akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia, yang menyelenggarakan perhelatan balap motor MotoGP dan diyakini akan mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia, hingga mencapai 300 ribu orang per tahun.
Bakal jadi sirkuit terindah

"Kami optimistis event ini akan menjadi penggerak kebangkitan pariwisata Indonesia paska Pandemi. Terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah baik Pusat dan Daerah, Kementerian BUMN, PT PP dan Bank anggota Himbara, sehingga pembangunan dapat berjalan lancar dan sesuai jadwal," tutup Abdulbar.