POPULAR STORIES

Honda Civic Type R Limited Edition Menjadi Mobil Tercepat Di Suzuka

Honda Civic Type R Limited Edition Menjadi Mobil Tercepat di Suzuka Honda Civic Type R Limited Edition (Honda)

KabarOto.com - Honda Civic Type R Limited Edition, baru saja memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) tercepat, yang berhasil menaklukan Sirkuit Suzuka, di Jepang.

Mobil buatan pabrikan asal Jepang tersebut, berhasil mencatatkan waktu 2 menit 23.993 detik untuk melahap satu putaran Sirkuit Suzuka. Rekor tersebut mengalahkan catatan waktu sebelumnya, yang diraih Renault Megane RS Trophy-R.

Baca Juga: Puluhan Juta Rupiah Jadi Hadiah Honda Racing Simulator Championship

Pada November tahun lalu, dengan dikemudikan oleh pembalap Laurent Hurgon, Renault Megane RS Trophy-R berhasil menjadi mobil FWD tercepat dengan waktu 2 menit 25.454 detik.

"Rekor baru ditetapkan pada bulan Februari 2020, selama tes kinerja akhir Type R. Saat memecahkan rekor, Type R Limited Edition dikendarai oleh pembalap Super GT Series Takuya Izawa dengan mobil yang memiliki spesifikasi untuk pasar Eropa," ujar seorang juru bicara Honda.

Spesifikasi khusus Eropa miliki tenaga lebih besar

Setelah berhasil menaklukkan Sirkuit Suzuka, rencananya Honda Civic Type R Limited Edition akan dijadwalkan untuk merebut kembali rekor mobil penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nurburgring, Jerman.

Saat ini, rekor mobil penggerak depan tercepat di Sirkuit Nurburgring masih dipegang oleh Renault Megane RS Trophy-R. Juru bicara Honda melanjutkan, hanya ada 1.000 unit Type R Limited Edition yang akan dibuat.

Negara yang paling banyak mendapat jatah adalah Amerika Serikat, dengan alokasi 600 unit. Mobil hatchback ini memang laris diburu penggemarnya, bahkan di Kanada, sebanyak 100 unit ludes hanya dalam waktu empat menit.

Gunakan transmisi manual enam percepatan

Secara spesifik, Civic Type R Limited Edition menggunakan mesin bensin empat silinder VTEC Turbo 2.000 cc. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 316 dk pada 6.500 rpm dan torsi 400 Nm dari 2.500 hingga 4.500 rpm.

Baca Juga: Renault Megane RS Trophy-R Berhasil Pecahkan Rekor Di Sirkuit Suzuka

Khusus versi spesifikasi Eropa, bobotnya lebih ringan 47 kg, berkat penggunaan pelek alloy BBS ukuran 20 inci. Lalu agar bobotnya semakin ringan, Honda juga menghilangkan wiper belakang, head unit dan sistem pendingin udara (AC).

Sementara Megane RS Trophy-R, menggunakan mesin 1.800 cc turbocharged, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 300 dk dan sebesar torsi 420 Nm.

Diproduksi hanya 500 unit, tenaga ini diklaim lebih besar 21 dk, dibanding Megane RS reguler. Selanjutnya, mampukah Type R mengalahkan RS Trophy-R di Nurburgring?