Renault Megane RS Trophy-R Berhasil Pecahkan Rekor Di Sirkuit Suzuka

Renault Megane RS Trophy-R Berhasil Pecahkan Rekor di Sirkuit Suzuka Pecahkan rekor di Suzuka (Renault)

KabarOto.com - Setelah berhasil menaklukkan Sirkuit Nurburgring, Jerman dan Sirkuit F1 Spa-Francorchamps, Belgia. Renault Megane RS Trophy-R kini telah memecahkan waktu rekor penggerak roda depan (FWD) baru di sirkuit Suzuka, Jepang.

Mobil mungil buatan Perancis ini, dikemudikan oleh pembalap Laurent Hurgon dan berhasil mencatat waktu 2: 25.454 menit. Angka ini tiga detik lebih cepat, dari waktu yang ditetapkan oleh Megane 275 RS Trophy-R generasi sebelumnya.

Baca Juga: Renault Megane RS Trophy Si Penakluk Nurburgring

"Megane RS Trophy-R yang baru telah mencetak rekor baru di kategorinya, kali ini di Suzuka, sirkuit terkemuka di Jepang. Pertunjukan ini sangat berarti bagi 10.000 komunitas kuat lokal penggemar Renault Sport dan Trophy-R," kata Patrice Ratti, General Manager di Renault Sport Cars.

Ia menambahkan, saat mencetak rekor baru di Suzuka, Megane RS Trophy-R tetap mempertahankan mesin 1.8 liter turbocharged, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 300 dk dan sebesar torsi 420 Nm.

Diproduksi hanya 500 unit

Tenaga ini diklaim lebih besar 21 dk, dibanding Megane RS reguler. Tenaga yang cukup besar itu disalurkan ke roda depan, melalui transmisi otomatis EDC dual-clutch enam percepatan.

Agar bobotnya makin ringan, tim dari Renault melakukan beberapa perubahan. Di antaranya penggunaan kap mesin yang berasal dari material serat karbon, diffuser belakang yang juga menggunakan bahan sejenis.

Tak hanya itu, agar semakin ringan Renault juga mengganti roda standar dengan berbahan karbon, lalu perangkat rem dari keramik karbon, kursi belakang dilepas, hingga menyisakan kursi bucket yang ringan di depan.

Alhasil, bobotnya berkurang drastis, mencapai 130 kg dibanding kondisi standar. Saat ini Meganer RS Throphy-R memiliki berat 1.306 kg. Agar handlingnya semakin mantap, Renault juga melakukan peningkatan aerodinamika.

Hal itu terlihat dari kap mesin yang dilengkapi saluran udara, rancang ulang pada bilah bumper bawah, dan optional dynamic air intake di bagian samping bawah bumper menggantikan letak foglamp.

Sirkuit Long Bend Motorsport Park jadi tempat selanjutnya

Renault juga mengatakan, pihaknya telah melakukan pengembangan pada poros penggeraknya (drive axle), dengan Torsen limited-slip differential sehingga menjadi lebih radikal. Apalagi ditambah dengan penggunaan two-way adjustable dampers keluaran Ohlins.

Baca Juga: Profil - Renault Triber Hadir Dengan Segudang Fitur Unggulan

Menariknya, Megane Trophy-R juga akan dijual kepada penggemarnya dalam jumlah terbatas. "Harganya 55.000 euro atau sekitar Rp 853 juta, dan hanya dilepas dalam jumlah 500 unit," kata Patrice.

Setelah menaklukkan Suzuka, berikutnya mobil hatcback ini diproyeksikan bakal menorehkan waktu 2:14.316 menit di Sirkuit Long Bend Motorsport Park, Australia.