POPULAR STORIES

Renault Megane RS Trophy Si Penakluk Nurburgring

Renault Megane RS Trophy si Penakluk Nurburgring

KabarOto.com – Takhta sebagai mobil RWD tercepat sudah digantikan, bukan lagi Honda Civic Type R melainkan Renault Megane RS Trophy R. Titel tersebut jatuh saat Megane menoreh hasil 7 menit 40,10 detik, waktu tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Civic Type R dengan waktu 7 menit 43,80 detik.

Lalu apa saja sih yang menarik dari Trophy R ketimbang Megane biasanya? Yuk kita cari tahu!

Jika dari penampilannya, hampir sama saja dengan Megane RS biasanya, namun yang membedakan ialah Trophy R memiliki beberapa aksen racing sebagai tanda bahwa ini adalah mobil spesial. Seperti ornamen aksen merah pada bumper, dan juga segitiga pada bodi sampingnya.

Baca Juga : Renault Megane Kalahkan Rekor Civic TypeR Di Nurburgring

Selain itu, pada kap mesinnya menggunakan bahan karbon dengan lubang airscoop baru demi asupan udara lebih dari luar ke ruang mesin. Lengkapnya lagi, bagian belakang memiliki diffuser karbon bilah 6 yang diambil dari teknologi F1 untuk membelah udara dari bawah.

Soal finishing tampilan mirip rivalnya, Megane Trophy R hadir dalam pilihan warna putih atau disebut Mother of Pearl, dengan aksen hitam dan merah.

Untuk sektor kaki-kaki, Trophy R diperkuat oleh suspensi garapan Ohlins adjustable yang tentunya membantu mobil ini bisa melibas tikungan dan trek lurus lebih stabil dan rigid. Lalu Peleknya menggunakan Fuji Light Wheels berukuran 19 inci, berbalut ban Bridgestone Potenza S007 245/35R19, ada pula opsi lain dengan pelek berbahan karbon lebih ringan 2 kg dari standarnya. Sementara untuk sistem pengereman dibantu oleh rem keramik garapan Brembo, yang juga dilengkapi lubang pendingin rem.

Jantung mekanis Megane dibekali mesin 1.800 cc dibantu turbocharger, sehingga menghasilkan tenaga maksimal 300 dk dan torsi mencapai 400 Nm. Hal ini disokong oleh exhaust system berbahan titanium dari Akrapovic. Di atas kertas tenaga tersebut terpaut cukup jauh jika dibanding Megane RS standar, yang hanya 279 dk dan torsi 390 Nm. Dari tenaga tersebut lantas disambung pada transmisi manual 6 percepatan dan diteruskan ke roda depan. Menghasilkan akselerasi dari 0-100 kpj hanya dalam 5,4 detik saja, dan kecepatan maksimal mencapai 262 kpj.

Baca Juga : Deretan Honda Civic Hatchback Yang Pernah Dijual Di Indonesia

Masuk ke dalam interiornya, kita akan disambut dominasi warna hitam dan aksen jahitan merah yang menambah kesan sporty pada Trophy R ini. Walau terlihat sederhana, namun bahan Alcantara setara mobil supercar sudah banyak membalut panel-panel kabinnya.

Soal fitur tenang saja, Renault masih menyematkan berbagai fungsi lengkap kok. Misalnya saja layar spidometer MID full color berwarna merah, lalu steering wheel RS berbahan Alcantara lengkap dengan audio steering, serta head unit dan AC semuanya masih tersedia demi kenyamanan penumpang.

Keunikannya tentu pada jok bucket dari Sabelt yang bisa menopang tubuh pengendara dengan baik saat digunakan pada jalanan umum atau trek, adapula opsi tambahan harness Sabelt 6 titik jika kalian mau menggunakan mobil ini untuk di trek. Namun walau memiliki 4 pintu, Trophy R hanya memiliki 2 buah kursi bagian depan, untuk belakangnya berganti dengan C bar dan jaring separator, demi mereduksi berat mobil serta menambah kestabilan.

Bagi yang mau memiliki mobil ini, kabarnya Trophy R akan dibuat eksklusif hanya 500 unit dan dijual di Prancis, Jerman, Inggris, Switzerland dan Jepang. 30 di antaranya akan dibuat spesial berbahan karbon lengkap dengan opsi tambahan lainnya. Dan 470 unit lainnya akan dijual dengan penambahan opsi seperti, harness Sabelt 6 titik, DESS lithium battery, intake air duct, dan sebagainya.

Bagaimana menurut sobat KabarOto? Keren bukan mobil ini?

POPULAR STORIES

HOT