Renault Megane Kalahkan Rekor Civic TypeR Di Nurburgring

Renault Megane Kalahkan Rekor Civic TypeR di Nurburgring

KabarOto.com – Setelah Civic TypeR menyandang status sebagai mobil penggerak depan paling cepat di Nurburgring, Jerman. Beberapa waktu lalu, akhirnya ada mobil lain yang berhasil merebut takhta tersebut.

Dan predikat FWD tercepat tersebut jatuh pada Renault Megane R.S. Trophy-R, yang berhasil mencatat waktu 7 menit 40,10 detik. Waktu tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Civic TypeR dengan waktu 7 menit 43,80 detik.

Produsen mobil asal Prancis tersebut mengklaim, bahwa Megane RS terbaru ini memiliki teknologi yang diambil dari mobil balap Formula 1, khususnya pada sektor mesin. Megane dibekali mesin 1.8 liter dibantu turbocharger, sehingga menghasilkan tenaga 300 dk dan torsi maksimal mencapai 400 Nm.

Tenaga tersebut terpaut cukup jauh jika dibanding Megane RS standar yang hanya 279 dk dan torsi 390 Nm. Dan akselerasinya dari 0-100 kpj dalam 5,7 detik saja, dan kecepatan maksimal mencapai 260 kpj.

Dari sektor mesin juga Megane ini dibantu oleh exhaust system Akrapovic, yang memberi tenaga lebih untuk performanya.

Baca juga : Profil – Renault Koleos 2.5 L Signature

Walau sebenarnya di atas kertas TypeR memiliki tenaga lebih besar dengan 310 dk. Namun untuk catatan waktu akselerasi Megane bisa menyamakannya, bahkan terhitung lebih cepat ketimbang Volkswagen Golf GTI, yang menempuh waktu 6,2 detik.

Tidak hanya itu, upgrade performa juga dilakukan pada bagian lain. Contohnya untuk bagian kaki-kaki, suspensi Megane R.S. Trophy R ini meggunakan Ohlins sehingga bantingan lebih nyaman dan rigid saat manuver. Serta ban yang didukung oleh Bridgestone Potenza S007a, yang membuat grip lebih bagus di sirkuit.

Baca juga : Profil - Renault Twizy

Lengkapnya lagi, performa bagus harus didukung oleh pengereman yang baik juga agar mobil bisa mengurangi kecepatan dengan tepat. Oleh karena itu sistem pengeremannya dipercayakan pada Brembo untuk bagian depan dan belakangnya yang sudah disc brake.

Terakhir, untuk keamanannya Renault Megane menggunakan merek Sabelt untuk bucket seat dan seatbelt pengemudi, yang nyaman untuk menopang tubuh pengemudi walau dalam kecepatan tinggi.