Deretan Honda Civic Hatchback Yang Pernah Dijual Di Indonesia

Deretan Honda Civic Hatchback Yang Pernah Dijual Di Indonesia

KabarOto.com – Honda Civic memang sudah jadi salah satu mobil paling dikenal di Indonesia, rival dari Toyota Corolla ini memang memiliki kelebihan jika dibanding dengan saingannya tersebut. Misalnya saja bentuk eksterior yang lebih sporty, dan juga sensasi mengemudi lebih asyik banyak disukai kaum muda.

Sejatinya, Civic adalah sebuah mobil sedan, namun ada beberapa generasi memiliki versi hatchback yang bentuknya terlihat lebih ikonik ketimbang versi sedannya. Lalu apa saja sih Civic Hatchback yang pernah dijual di Indonesia? Kita bahas yuk!

1. Honda Civic Duluxe / Hi Duluxe

Yang pertama kali masuk ke Indonesia ialah generasi pertama, lebih dikenal Civic Duluxe atau Hi Duluxe untuk versi facelift-nya. Namun ada juga yang memberinya julukan Civic Koper atau Civic Bongkok dikarenakan pintu bagasi yang pembukaannya seperti koper jadul pada saat itu.

Bentuk khas hatchback pada zamannya, body mengotak dengan lampu utama membulat, garnis bumper besi, hal paling unik tentu pada pintu bagasi dibawah kaca dengan engsel depan oleh karena itu disebut Civic Koper. Bobotnya juga tidak terlalu berat, dengan keadaan berat kosong total hanya sekitar 680 Kg saja.

Baca Juga : Honda City Turbo, Mungil Namun Ganas

Mesin Civic Koper ini menggunakan SOHC 4 silinder karburator dengan kode EB1, memiliki kapasitas 1.170 cc. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mesin ini adalah 50 dk pada 5000 rpm dan torsi 80 Nm pada 3000 rpm. Lalu pada tahun 1976 ada varian Civic dengan kapasitas mesin yang lebih besar, menggunakan mesin ED3 SOHC 12 valve berkapasitas 1.487 cc karburator, tenaga maksimalnya meningkat sedikit yakni 53 dk pada 5000 rpm dan torsi 92 Nm pada 3000 rpm.

Asyiknya lagi, mobil ini dilengkapi transmisii manual 5 percepatan dan ada juga pilihan transmisi otomatis dua percepatan dengan nama Hondamatic loh, menjadikannya mobil Jepang ATPM pertama yang menghadirkan varian tersebut. Namun karena masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan mobil matik, varian tersebut tidak begitu laku dipasaran.

2. Honda Civic Excellent

Generasi selanjutnya yang masih mirip adalah Civic Excellent, generasi kedua ini memang masih memiliki kemiripan dengan Civic Koper, bedanya adalah grill Excellent lebih sporty dengan warna hitam yang lebih besar, dan juga garnis krom turut dihilangkan, tetapi ciri khas koper sudah hilang akibat penggunaan pintu bagasi model baru.

Mesin yang digunakan mobil ini adalah Honda EN SOHC 4 silinder karburator, berkapasitas 1300 cc. Meskipun hanya 1.300 cc, namun tenaganya cukup kencang di eranya. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sekitar 67 dk dan torsi maksimum 104 Nm. Untuk transmisinya digunakan manual 5 percepatan atau otomatis 3 percepatan.

3. Honda Civic Wonder

Generasi yang tampilannya lebih modern adalah Honda Civic Wonder atau biasa dikenal dengan kode body SB3. Mobil ini pertama kali dipasarkan pada tahun 1980-an, demi bersaing dengan sekelas Toyota Starlet, Daihatsu Charade, dan Suzuki Forsa atau lebih dikenal Swift zaman sekarang.

Dari eksteriornya, Civic Wonder memang memiliki lekukan bodi yang sangat sporty dan timeless sampai sekarang. Model lampu mengotak, dengan 2 pintu, dan pintu bagasi full kaca yang juga jadi inspirasi Honda Brio generasi pertama, menjadi nilai tambah Wonder sebagai pilihan anak muda pada masanya. Dan tahun 1986 Wonder sempat satu kali mengalami facelift.

Baca Juga : Selebritis Ini Kena Demam Honda Civic Estilo

Tidak lupa untuk interiornya, Wonder memang bukan yang paling special, tidak ada teknologi canggih seperti sekarang. Speedometer analog, sistem media sederhana terbatas pada radio dan kaset, setir palang 2 berbentuk seperti huruf A, tapi bentuk ini terlihat sporty pada saat itu.

Lalu mesinnya menggunakan mesin berkode D13 Karburator, dengan kapasitas 1.3 liter, memiliki tenaga maksimal 71 dk @6.000 rpm dan torsi maksimal 105 Nm @3.500 rpm, lantas tenaga tersebut disambung transmisi manual 5 percepatan ke roda depan.

4. Honda Civic Nouva

Generasi selanjutnya yang tidak kalah menarik ialah Civic Nouva, tampilannya jauh lebih modern dibanding Wonder. Jika Wonder memiliki bentuk mengotak dan kecil, Nouva memang masih mengotak namun bodi dibuat lebih panjang serta pipih. Oh iya, Nouva dipasarkan di Indonesia pada 80-an akhir hingga 90-an awal sebelum akhirnya digantikan oleh Estilo.

Contoh Honda Civic Nouva sudah dimodifikasi.

Masih hadir dengan 2 pintu yang sangat sporty, namun ciri khas pintu full kaca pada Wonder sekarang diganti yang lebih normal dengan plat body. Lalu desain atap juga dibuat sangat landau sehingga mobil ini terlihat seperti pipih atau gepeng.

Bentuknya tidak termakan oleh zaman.

Mesinnya menggunakan D15B2 karburator 1.500 cc, yang lebih bertenaga yakni 92 dk @6.000 rpm dan torsi maksimalnya 119 Nm @ 4.500 rpm. Dengan transmisi manual 5 percepatan dan ada juga transmisi otomatisnya, berpenggerak roda depan.

5. Honda Civic Estilo

Nah, yang satu ini sedang banyak penggemarnya nih sob! Bukan hanya kalangan anak mobil saja, melainkan sampai artis seperti Arief Muhammad, Desta, dan Handika Pratama banyak yang kepincut dengan keindahannya, yaitu Honda Civic Estilo.

Mobil tahun 90-an ini memang memiliki bentuk unik dan ikonik, apalagi desainnya tidak termakan oleh zaman. Bahkan jika disandingkan mobil hatchback sekarang, sepertinya Estilo akan terlihat jauh lebih eksotis.

Baca Juga : Honda Civic Estilo SR3 Ini Hasil Cangkokan S2000 Dan Integra Type R!

Eksterior Estilo memang sekitas mirip Nouva yang lebih mengkurva, body membulat, serta body pipih masih diterapkan pada mobil ini. Pada masanya, Estilo masih kalah saing dalam penjualan dengan saudara kandung sedannya yakni Genio, orang-orang lebih memilih mobil dengan kabin lebih luas, serta pintu 4 yang lebih efisein saat masuk ke mobil. Sehingga populasi Estilo di Indonesia sebenarnya tidak terlalu banyak.

Aslinya mesin Estilo hadir dengan D16 berkapasitas 1.600 cc SOHC 16 katup, non VTEC, menghasilkan tenaga sebesar 120 dk yang disambung ke tramisi manual 5 percepatan da nada versi otomatisnya. Namun para pemilik Estilo juga sering men-swap mesin mereka dengan kapasitas lebih besar dan kencang seperti K20, B18, dan sebagainya.

Saking banyaknya peminat dari Civic Estilo ini, ada yang pernah menjualnya di Instagram kondisi masih sangat sehat untuk mobil tua, dibanderol hingga harga Rp 300 jutaan. Fantastis bukan harga mobil ini sob?

6. Honda Civic Hatchback

Setelah sekian lama Honda tidak menghadirkan varian hatchback dari Civic, akhirnya pada generasi 10 Honda menghadirkan Civic Hatchback di tahun 2017. Sebenarnya ada beberapa generasi seperti saat Civic Ferio, Civic generasi 8 dan 9 memiliki versi hatchback, namun tidak dijual di Indonesia secara resmi.

Kali ini, Honda secara resmi menghadirkan hatchback yang juga jadi basis dari Honda Civic Type R terbaru. Modelnya lebih sporty ketimbang sedan, grill-nya berwarna hitam, serta ada cover foglamp besar menyerupai air dam. Lalu bagian belakang juga terdapat perbedaan seperti spoiler, model lampu rem, serta bumper memiliki lekukan lebih agresif, dengan finishing dual muffler, dan tentunya pintu bagasi hatchback identic kaca yang ikut terbuka.

Dilengkapi mesin baru berkapasitas 1.500 cc, mengusung VTEC Turbo DOHC Drive By Wire. Civic ini mampu memuntahkan tenaga maksimum sebesar 173 dk dengan torsi yang dihasilkan mencapai 220 Nm. Tak hanya itu, transmisi juga telah dibekali dengan sistem CVT with Earth Dreams Technology 5 percepatan.

Bagaimana menurut kalian sobat KabarOto? Kalau kalian paling suka yang mana?