POPULAR STORIES

Armada Mobil Otonom Nuro Dapat Izin Beroperasi Di California

Armada Mobil Otonom Nuro Dapat Izin Beroperasi di California

KabarOto.com – Selain mobil listrik, pabrikan mobil juga terus bekerja untuk mobil otonom. Terbaru, Nuro telah mendapatkan izin untuk beroperasi dari lembaga berwenang di California, Amerika Serikat.

Nantinya, beberapa armada mobil otonom Nuro akan beroperasi secara komersial di jalan umum California di dua daerah dekat kantor Nuro di Bay Arena.

Layanan mobil otonom Nuro akan dimulai dengan armada kendaraan Toyota Prius dalam mode otonom penuh, kemudian kendaraan listrik R2 yang mendapatkan rancangan khusus.

Baca Juga : Bus Listrik Asal Tiongkok Sedang Diuji Untuk Jadi Armada Trans Jakarta

California sendiri mengadopsi salah satu undang-undang kendaraan otonom pertama di negara itu pada tahun 2012, otoritas setempat terus menyusun kerangka peraturan yang tahun lalu mencakup kendaraan pengiriman kecil seperti milik Nuro.

Kerangka kerja ini menyiapkan proses perizinan tiga tahap bagi perusahaan untuk beralih dari pengujian dengan penggerak keselamatan, ke pengujian tanpa pengemudi, dan sekarang akhirnya, ke penerapan komersial.

Sementara itu, Zoox, perusahaan mobil otonom yang diakuisisi Amazon, merilis robotaxi atau moda angkutan dengan aplikasi dan tanpa sopir, yang mampu mengangkut empat penumpang dalam sekali perjalanan pada pekan lalu.

Baca Juga : Calon Pesaing Suzuki Ignis Tengah Menjalani Uji Jalan Di India

Zoox menyatakan bahwa mobil itu dirancang untuk mobilitas perkotaan yang padat. Desain interior mobil berdesain minibus futuristik itu dirancang sendiri oleh Zoox, dengan dua bangku yang saling berhadapan.

Tidak ada pengemudi maupun setir pada mobil itu karena digerakkan secara otonom, dan berjalan sesuai navigasi pada peta. Mobil dengan ukuran lebih kecil dari Mini Cooper versi standar itu dapat berjalan dalam dua arah dengan kecepatan maksimal 75 mil per jam.