POPULAR STORIES

Arti Di Balik Nama Toyota BZ4X

Arti di Balik Nama Toyota bZ4X Peluncuran All New Toyota bZ4X (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Toyota bZ4X di Indonesia, Kamis kemarin (10/11). Di mana, nama dari mobil listrik berbasis baterai (BEV) pertama dari Toyota ini memiliki arti yang unik.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan, "Toyota bZ4X merupakan line up mobil listrik yang diluncurkan oleh Toyota. Di mana, BZ memiliki arti Beyond Zero."

Dari beberapa sumber, Toyota bZ4X merupakan kependekan dari Beyond Zero yang merupakan keluarga mobil listrik dari keluarga besar Toyota. Sementara 4 untuk nomenclature varian, untuk X merupakan arti dari crossover yang merupakan jenis model tersebut.

Baca juga: Sampai Akhir 2022, TAM Dapat Jatah 40 Unit All New Toyota BZ4X

All New Toyota bZ4X

All New Toyota bZ4X dibangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, dioptimalkan, dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle.

Salah satu kelebihannya adalah unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi. Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Baca juga: All New Toyota BZ4X Bisa Disewa Menggunakan Kinto, Segini Biayanya

Toyota bZ4X memanfaatkan fitur safety aktif demi melindungi pengendara serta pengguna jalan lainnya yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Disematkan pula fitur telematika canggih T Intouch. Yaitu teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA.

Soal harga, Toyota bZ4X yang ditawarkan dalam satu varian, yakni Panaromic Sunroof dibanderol Rp 1,190 miliar.