POPULAR STORIES

Arti Warna Bendera Di Balap Formula 1

Arti Warna Bendera di Balap Formula 1 Dok : F1

KabarOto.com – Ketika menonton balapan, biasanya kita melihat ada kru di sirkuit yang disebut marshal, mengibarkan bendera. Fungsinya untuk memberikan peringatan ke para pembalap.

Namun apa arti dari setiap warna bendera tersebut, khususnya di balapan Formula 1?

Merah

Bendera merah dikibarkan saat terjadi kecelakaan cukup besar, atau cuaca ekstrem hingga kondisinya membahayakan jalannya balapan. Misalnya saja fasilitas trek rusak, seperti safety barier tertabrak.

Atau ada mobil balap yang terlibat insiden di tengah trek, dan membahayakan pembalap lainnya. Bisa juga sebagai tanda kalau balapan dihentikan.

Baca Juga : Robert Shwartzman Akan Lakoni Latihan Bebas 1 Di Amerika Serikat

Kuning

Warna kuning mungkin paling sering dilihat, ini menandakan kalau pembalap harus berhati-hati, karena ada mobil yang mengalami masalah atau kecelakaan. Pada sesi tersebut, para pembalap dilarang melakukan overtake.

Jika trek belum steril, biasanya dibarengi dengan papan bertulis SC atau Safety Car. Sehingga mobil-mobil harus merapat di belakang Safrty Car.

Hijau

Hijau menandakan bahwa kondisi trek sudah aman pasca terjadi kecelakaan dan sebagainya, sehingga balapan bisa kembali dilanjutkan.

Biru

Warna biru mengartikan kalau pembalap di posisi paling akhir, harus memberikan jalan ke pembalap posisi pertama di belakangnya, untuk disalip.

Putih dan Kuning

Bendera putih dan kuning menandakan adanya kendaraan yang melaju lambat di lintasan, misalnya truk derek untuk evakuasi mobil ketika kecelakaan, atau safety car.

Merah Kuning

Merupakan peringatan kalau kondisi trek licin, akibat genangan air, oli yang tumpah saat kecelakaan, atau bisa juga akibat kerikil di tengah trek.

Hitam Titik Merah dan Nomor Pembalap

Bendera ini mungkin jarang dipakai kecuali ketika radio tim tidak berfungsi. Bendera tersebut menandakan kalau kalau pembalap terkait harus kembali ke pit.

Baca Juga : FIA Umumkan Natalie Robyn Sebagai CEO Baru

Hitam Putih dan Nomor Pembalap

Sama seperti sebelumnya, bendera ini sudah jarang digunakan karena adanya fitur radio pada masa sekarang. Bendera tersebut menandakan bahwa pembalap telah melakukan pelanggaran keras, atau mendapat penalti.

Hitam dan Nomor Pembalap

Ini yang paling dihindari setiap pembalap, karena bendera ini mengartikan bahwa pembalap didiskualifikasi, dan harus keluar segera dari trek.

Chequered Flag / Kotak-kotak Hitam Putih

Benderak kotak-kotak hitam putih ini jadi tanda ikonik menandakan kalau balapan, atau sebuah sesi telah selesai.