Asal Mula Kata "Tak" pada Mesin Motor

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 07 Jan 2018 - 07:04
Asal Mula Kata "Tak" pada Mesin Motor
Roda dua dengan mesin jaman dahulu (istimewa)

KabarOto.com - Kendaraan roda dua konvensional yang beredar di tanah air memiliki 2 jenis yang berbeda 2 tak dan 4 tak. Namun tahukan anda apa arti kata tak? Tak merupakan cara kerja mesin.

Mesin 2 tak bekerja dengan sekali pembakaran dalam satu putaran penuh pada poros engkol (crankshaft). Sedangkan pada mesin 4 tak, sekali proses pembakaran yang terjadi dalam dua putaran penuh pada poros engkol.

Mesin 4 tak memerlukan mekanisme katup (valve mechanism) dalam kerjanya. Fungsinya untuk membuka dan menutup lubang pemasukan dan pembuangan. Sedangkan pada mesin 2 tak tidak membutuhkan katup. Piston dan ring piston berfungsi untuk menbuka dan menutup lubang pemasukan dan pembuangan.

Baca Juga: Arti Angka Nomor Polisi pada Kendaraan

Dari manakah asal dari kata "tak" tersebut?

GM Aftersales and Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), kata “tak” itu berasal dari bahasa Belanda yang kemudian diserap menjadi istilah umum di tengah masyarakat Indonesia.

“Istilah 2-takt atau 4-takt itu adalah bahasa Belanda yang artinya stroke atau langkah. Seiring dengan waktu, sebutannya menjadi ‘tak’. Ini sama seperti komponen crankshaft (poros engkol) yang kemudian dikenal di dalam negeri menjadi kruk as,” ucap Abidin.

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Skutik Terlaris di Indonesia

Abidin melanjutkan, komponen motor lain yang berubah secara pengucapan dari istilah asalnya yaitu piston yang bahasa aslinya zuiger, sementara mekanik menyebutnya sekker atau juga seher. Lalu ada lagi camshaft, yang dikenal di kalangan mekanik adalah nokkenas.

Editor : ballian