Sejarah Lahirnya Skutik Terlaris di Indonesia

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 04 Jan 2018 - 17:28
Sejarah Lahirnya Skutik Terlaris di Indonesia
Sejarah Honda BeAT dari tahun ketahun (dok: AHM)

KabarOto.com - Siapa yang tak kenal dengan Honda Beat. Motor yang pertama kali meluncur pada tahun 2008 ini mampu mencuri perhatian banyak pengguna roda dua di Indonesia. Dari generasi pertama hingga generasi terakhir, motor ini tetap mendapat sambuta pencinta skutik.

kabarOto

Honda BeAT generasi pertama

Generasi pertama Honda BeAT mengusung basis skuter Honda Icon yang lebih dulu beredar di Thailand. Motor ini memiliki tampilan khas dengan desain spakbor depan ala motor sport dan dibekali mesin 108 cc berpendingin udara.

Pada tahun 2010, AHM melakukan peremajaan dengan memperbesar pijakan kaki untuk pembonceng. Perubahan terjadi pada spakbor, Honda meletakan spakbor depan di bawah segitiga yang sampai saat ini tetap dipertahankan.

Dan pada tahun 2012 AHM kembali merilis generasi kedua Honda BeAT dengan merubah sistem pembakaran dari karburator menjadi injeksi. Merasa kurang puas akhirnya Honda BeAT kembali mendapat penyempurnaan pada tahun 2014. generasi ketiga itu menggunakan mesin terbaru dengan sistem Enhanced Smart Power (eSP).

Baca Juga:

Sistem ini diklaim lebih hemat bahan bakar serta ramah lingkungan.Dari tahun 2008 hingga Februari 2016 motor ini menembus angka penjualan hingga 10 juta unit.

kabarOto
Honda BeAT generasi ke-2

Melihat pangsa pasar dan populasi Honda BeAT yang besar, AHM terus berupaya memberikan pilihan terbaru bagi konsumen Indonesia. Honda pun menyematkan teknologi terbaru untuk BeAT dengan memperkenalkan BeAT Series.

Honda membekali motor ini dengan mesin 110cc enhanced Smart Power (eSP) yang terintegrasi dengan ACG Starter. sistem ini mampu menghidupkan mesin lebih halus tanpa mengeluarkan suara.

Teknologi ini menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS), yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya kembali.

Selain itu, All New Honda BeAT eSP series tetap dilengkapi fitur-fitur canggih lain yaitu standar samping otomatis (Side Stand Switch), dimana mesin tidak dapat dinyalakan apabila standar samping dalam posisi turun.

Baca Juga:

Brake Lock yang lebih mudah dioperasikan untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan, atau motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di jalan menanjak. Fitur unggulan lain juga dipertahankankan seperti pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter) yang efektif mencegah pencurian.

Editor : ballian