Asyiknya Suporter Piala Dunia 2018 Diantar Bus Tanpa Sopir Buatan Rusia

Asyiknya Suporter Piala Dunia 2018 Diantar Bus Tanpa Sopir Buatan Rusia Kamaz Otonom (Driving)

KabarOto.com - Tren kendaraan otonom berkembang di antara produsen otomotif dunia. Mereka seakan berlomba menciptakan unit mobil otonom yang aman bagi penumpang serta lingkungan sekitarnya. Suatu hal yang 20 tahun lalu hanya kita bisa saksikan di film-film fiksi.

Setelah Tesla, Jaguar Land Rover, dan Volvo, kini Kamaz PJSC sebuah perusahaan pembuat truk terbesar di Rusia, membuat bus yang dapat melaju tanpa bantuan sopir.

Memanfaatkan Piala Dunia 2018 sebagai ajang pamer, di mana Rusia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah, Kamaz lalu mengoperasikan bus otonom buatannya sebagai armada pengangkut fans sepak bola yang akan menonton pertandingan.

Baca Juga: Ini Dia Koleksi Mobil Mewah Cristiano Ronaldo

Namun, bukan di jalan raya di kota Kazan yang menjadi salah satu kota penyelenggara World Cup, melainkan cukup di lingkungan stadion sepak bola. Para pendukung tim negara masing-masing nantinya dikumpulkan di sebuah titik bernama fan zone atau zona suporter.

Seperti dilaporkan Bloomberg, selanjutnya mereka akan dijemput bus otonom tersebut dan melintasi sepanjang jalan yang telah disediakan.

Lintasan tersebut sudah dibuat aman dengan adanya pagar pembatas, sehingga bila terjadi hal yang di luar kendali, dapat menghindari potensi tabrakan dengan manusia atau pun hewan yang melintas.

Saat ini tercatat para pendukung dari negara Prancis dan Australia, yang telah menikmati layanan bus tanpa sopir tersebut dengan jarak lintasan sekitar 650 meter itu.