Aston Martin Hadirkan Supercar Listrik Tahun 2023

Aston Martin Hadirkan Supercar Listrik Tahun 2023 Mobil konsep Aston Martin Vanquish (Foto: Aston Martin)

KabarOto.com - Aston Martin dikabarkan akan meluncurkan supercar mid-engine ketiga pada tahun 2023. Calon supercar terbaru ini akan dibangun berdasarkan mobil konsep Aston Martin Vanquish yang diperkenalkan pada tahun 2019 yang dibekali mesin V8 dari AMG.

Menurut keterangan Presiden Aston Martin, Lawrence Strol bahwa versi produksi calon supercar-nya ini akan menghilangkan nama Vanquish yang digunakan di mobil konsep pada tahun 2019.

Baca Juga : Aston Martin Valkyrie AMR Pro Sempat Ramaikan GP Bahrain

Sisi samping Aston Martin Vanquish

Seperti produk sebelumnya, pabrikan mobil asal Inggris ini mengisyaratkan bahwa versi konsepnya akan jauh berbeda dibandingkan versi produksinya, baik dari segi teknik maupun desain. Dengan adanya produk baru berpenggerak listrik ini, semakin memperkuat rencana Aston Martin untuk menghadirkan seluruh line up bertenaga listrik pada tahun 2025.

Calon supercar Aston Martin ini dikabarkan menggunakan bahan serat karbon untuk bodinya dengan aerodinamis terinspirasi dari Aston Martin Valkyrie. Selain bobot keseluruhan sekitar 1.500 kg, sistem infotainment akan menggunakan teknologi hiburan Aston Martin terbaru yang digunakan line up produk yang diproduksi akhir tahun 2022.

Baca Juga : Aston Martin Bakal Produksi Baterai Khusus Mobil Listrik Berperforma Tinggi

Bagian belakang Aston Martin Vanquish

Soal performa, calon supercar ini dikabarkan akan dibekali mesin V8 4.000 cc milik Mercedes-AMG yang dipadukan dengan sistem hybrid. Untuk mesin bensinnya sendiri mampu menghasilkan tenaga 630 dk dan torsi 900 Nm. Sedangkan, untuk penggerak listriknya mampu menambah daya hingga 201 dk, sehingga daya gabungannya mencapai 831 dk.

Berbekal spesifikasi tersebut, supercar ini kemungkinan besar akan bersaing dengan Ferrari 296 GTB dan Lamborghini Huracan berpenggerak listrik.

Kabarnya, debut supercar Aston Martin bermesin V8 diharapkan pada paruh kedua tahun 2023. Soal harga, kemungkinan sekitar Rp4,7 miliaran, atau lebih murah dibandingkan dengan Aston Martin Valhalla.