POPULAR STORIES

Astra Motor Jateng Resmikan AHASS Teaching Factory, Ini Fungsinya

Astra Motor Jateng Resmikan AHASS Teaching Factory, Ini Fungsinya Peresmian bekerjasama dengan bengkel AHASS Kurnia Motor Karanggede (Foto: Astra Jateng)

KabarOto.com - Astra Motor Jateng, main diler sepeda motor Honda di Jawa Tengah meresmikan AHASS Teaching Factory (TEFA), di salah satu SMK binaan AHM. Peresmian bekerjasama dengan bengkel AHASS Kurnia Motor Karanggede.

TEFA merupakan pengembangan kompetensi siswa dalam mempelajari bisnis layanan purna jual sepeda motor ini, mulai diimplementasikan di SMK Negeri 1 Wonosegoro Boyolali, Jawa Tengah. Dalam event ini, menerima langsung 35 unit motor untuk diservis gratis.

Baca Juga: Tak Sebut Angka, Astra Jateng Klaim Pemesan New Honda CB150X Cukup Banyak

AHASS TEFA sendiri, adalah konsep belajar yang berorientasi pada unit produksi di dalam sekolah, untuk mendukung proses belajar para peserta siswa dan siswi.

Tujuannya, agar peserta didik mendapat pengetahuan yang lebih mendalam terhadap perkembangan dunia industri, dan bisnis sepeda motor Honda di Indonesia secara nyata.

AHASS Teaching Factory (TEFA) (Foto: Astra Jateng)

Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Hingga November 2022 Jawa Tengah (Kares Semarang, Pati, Pekalongan dan Surakarta) sudah memiliki 63 SMK Binaan dan telah memiliki 5 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh anak didik SMK Mitra Binaan AHM yang ingin mengikuti UKK Astra Honda.

Hery Suryo, Technical Service Manager Astra Motor Jateng mengatakan, pos AHASS TEFA ini, dihadirkan dan dikembangkan dalam rangka membawa suasana industri ke sekolah, agar para peserta didik mampu menghasilkan produk berkualitas industri.

“Bisa dikatakan Pos AHASS TEFA ini bentuk pengenalan awal agar generasi muda, agar lebih siap menghadapi industri," terangnya. AHASS TEFA ini hadir di sekolah SMK mitra binaan AHM, yang telah memiliki status Grade A+. Selain itu, menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Grade A+ sendiri, merupakan standar tertinggi yang ditetapkan AHM, untuk SMK Mitra Binaannya, dalam memenuhi fasilitas sarana dan prasarana yang meliputi ruang praktik, kelengkapan laboratorium, variasi unit sepeda motor, serta tools dan perlengkapan praktik.

Baca Juga: Astra Otoparts Hadirkan Charging Station Di 6 Gerai Otoservice

Tenaga pengajar atau guru juga disyaratkan memenuhi kompetensi sesuai standar sertifikasi dari AHM.