POPULAR STORIES

Asyik Nih! Pakai Quickshifter, Bawa Motor Kopling Rasa Motor Bebek

Asyik Nih! Pakai Quickshifter, Bawa Motor Kopling Rasa Motor Bebek Foto: Deddy D

KabarOto.com – Mungkin bagi pengendara motor jenis sportbike atau moge sering merasakan pegal atau ribet jika dihadapi dengan kopling. Namun, memang sangat jarang sekali motor-motor yang ber-cc besar menggunakan transmisi otomatis ataupun seperti motor bebek yang hanya tinggal naik atau turunkan gigi.

Nah, jika sobat KabarOto pecinta motor kopling tapi merasa ribet dengan koplingnya. Bisa menggunakan alat ini. Namanya adalah Quickshifter.

Fungsinya agar para pengendara motor besar atau sportbike tidak perlu menekan kopling lagi saat ingin pindah gigi. Jadi motor besar rasa motor bebek. Alat ini bisa difungsikan ke berbagai motor, dari motor 150 cc sampai dengan yang 1.000 cc lebih pun bisa.

Baca Juga: BMW S1000RR Ini Moge Carbon Dragster Tembus 10 Detik 402 Meter

“Quickshifter kita punya 2 brand, yang 1 merek Translogic, satu lagi Starlane. Bisa dipakai ke berbagai jenis motor kopling. Perbedaannya hanya pengaplikasiannya. Kalau Translogic ini ada tipe tertentu beda motor beda tipe. Kalau Starlane, hanya kabel kit saja yang berbeda,” ujar Vincent selaku Manager Operasional One3 Motoshop.

Kegunaan alat ini untuk menaikkan gigi tanpa harus menekan kopling, sehingga seperti naik motor bebek manual biasa yang hanya tinggal ganti gigi.

“Fungsinya sendiri itu adalah untuk menaikkan gigi tanpa harus menginjak kopling, jadi seperti motor bebek manual saja yang tinggal turun naikin gigi. Bisa juga untuk menurunkan gigi tanpa kopling, ada tambahannya lagi. Tapi tanpa tambahan pun bisa namun perpindahan giginya saja yang agak kasar,” lanjut pria ramah tersebut.

Baca Juga: Butuh Tune Up Atau Merawat AC Mobil? Ada Dokter Mobil Di 4 Lokasi

Pengaplikasiannya juga sedikit berbeda, untuk yang Translogic itu lebih mudah karena sudah tersedia untuk tipe motor tertentu, tetapi kalau Starlane agak lebih sulit karena harus menyesuaikan kabel kitnya, tetapi secara fungsi semua sama.

Secara sederhana, cara kerja dari alat ini adalah sensor dipasang dengan gigi, disambung ke komputer motor untuk meng-kill koil sepersekian detik untuk memindahkan gigi. Jadi saat memindahkan gigi, sensor membuat komputer membaca bahwa kopling sudah ditekan pada saat itu, sehingga rider tidak perlu repot-repot menekan kopling lagi.

Harga yang ditawarkan untuk memasang alat ini adalah Rp 8-9 juta untuk yang Translogic dan Rp 5 jutaan untuk yang Starlane. Harga tersebut sudah include biaya pemasangan di workshop One3 Motoshop. (Deddy Darmanto)

One3 Motoshop

Ruko Mendrisio 3 Blok B No.17, Jalan Boulevard iL Lago, Cihuni, Pagedangan, Cihuni, Pagedangan, Tangerang, Banten 15332

Telepon: 021-22222610