POPULAR STORIES

Atasi Efek Abrasi Di Brebes, Toyota Indonesia Tanam Mangrove 6 Hektar

Atasi Efek Abrasi di Brebes, Toyota Indonesia Tanam Mangrove 6 Hektar Rio Fajar

KabarOto.com – Salah satu dampak kondisi cuaca ekstrem adalah rusaknya kawasan pesisir pantai, akibat berkurangnya penghijauan yang mengakibatkan abrasi. Misal di Brebes, Jateng, yang daerahnya berada langsung di pinggir pantai.

Makanya Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membuat program Toyota Forest, yang salah satu programnya adalah menanam mangrove sebanyak 70 ribu pohon pada lahan seluas 6 hektar untuk mengatasi efek abrasi ini.

“Maksud dan tujuan dipilihnya tempat wisata Mangrove Sari di Desa Kaliwlingi, Brebes ini agar masyarakatnya dapat jadi contoh untuk daerah lain dalam mengatasi abrasi dan rusaknya lingkungan, dengan menanam mangrove bersama-sama dan terus menerus,” papar Nandi Julyanto, Direktur Production Engineering & Vehicle Manufacturing TMMIN dalam sambutannya.

Menuju area hutan mangrove dan kawasan wisata Mangrove Sari mesti menggunakan kapal nelayan setempat
Menuju area hutan mangrove dan kawasan wisata Mangrove Sari mesti menggunakan kapal nelayan setempat

Baca Juga: Toyota Indonesia Hijaukan Pesisir Jawa, Brebes Ditanami 70 Ribu Mangrove

“Kabupaten Brebes terluas kedua se-Jawa Tengah setelah Cilacap dan punya 5 kecamatan pesisir sepanjang 53 km. Tapi ada 1.200 hektar area tambak yang terdampak abrasi. Makanya kita berterimakasih kepada Toyota dengan program ini. Tujuan akhirnya tak hanya menanam, tapi sekaligus bisa jadi desa wisata untuk menarik wisatawan, demi generasi yang akan datang, bagi anak cucu kita,” ucap Idza Priyanti A.Md. SE, Bupati Brebes.

Luas area yang ditanami sekitar 6 hektar untuk menampung 60 ribu pohon mangrove dari Toyota dan 10 ribu dari masyarakat desa sekitar yang ikut menyumbang

Berita Terkait

Berita Terkait