POPULAR STORIES

Urai Kemacetan, Pemerintah Lakukan Pelebaran Jalan Di Kawasan Puncak Bogor

Urai Kemacetan, Pemerintah Lakukan Pelebaran Jalan di Kawasan Puncak Bogor ilustrasi kemacetan di Ciawi (RRI)

KabarOto.com - Bagi yang kerap pergi ke kawasan Puncak Bogor, di akhir pekan atau liburan panjang. Pasti paham, betapa menyebalkannya kemacetan di daerah tersebut.

Namun nampaknya beberapa waktu mendatang pengendara bisa bernapas lega, karena Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), saat ini sedang melakukan konstruksi pelebaran jalur Puncak Bogor, Provinsi Jawa Barat, mulai dari Gadog (Ciawi) hingga Megamendung-Cisarua.

Baca Juga: Tune Up Tanpa Bongkar Di Dokter Mobil

Pelebaran yang dimaksud untuk mengurai kemacetan dari arah Jakarta, menuju kawasan Puncak dan sebaliknya. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, pelebaran jalur puncak merupakan bagian dari penataan kawasan Puncak bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor yang diikuti dengan pemindahan pedagang kaki lima ke tempat yang lebih layak dan aman.

Proses pengerjaan pelebaran jalan

Penataan kawasan puncak juga merupakan salah satu upaya jangka panjang mengurangi risiko terjadinya longsor pada jalur puncak, akibat adanya perubahan pemanfaatan ruang, curah hujan tinggi, dan kondisi topografi.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI, Direktorat Jenderal Bina Marga, Hari Suko Setiono menjelaskan, paket pembangunan pelebaran jalur puncak terdiri dari pelebaran jalan Ciawi-Puncak sepanjang 5 km, dengan nilai kontrak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp73 miliar.

Baca Juga: Waspadai Bahaya Aquaplaning Di Musim Hujan, Jangan Asal Terabas Genangan Air!

Untuk mengakomodir lokasi baru bagi para PKL karena adanya pelebaran jalan tersebut, akan disiapkan rest area seluas 5 hektare di dekat kawasan Agrowisata Gunung Mas, Cisarua. Rencananya, paket pembangunan pelebaran Jalan Puncak akan selesai pada tahun 2019.

Selain melakukan pelebaran jalur Puncak, BBPJN VI Ditjen Bina Marga juga tengah menyelesaikan pembangunan duplikasi Jembatan Gadog yang berada di Kecamatan Ciawi, Puncak Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Pembangunan jembatan baru

Pembangunan duplikasi Jembatan Gadog diproyeksikan memiliki panjang total 52 meter dari titik awal dekat pusat oleh-oleh sebelum tikungan jembatan dari arah Ciawi hingga sebelum Tanjakan Selarong. Jembatan ini akan berfungsi untuk mengurangi beban lalu lintas jembatan lama yang nantinya akan tetap dipakai.

Lebih lanjut Hari mengatakan, saat ini progres pembangunan duplikasi Jembatan Gadog telah mencapai 65,29 %. "Setelah selesainya jembatan, diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang sebelumnya sering terjadi di lokasi ini," katanya.

Dengan adanya jembatan baru selebar 9 meter itu akan menambah lebar keseluruhan jembatan menjadi 16 meter. Jembatan tersebut nantinya digunakan untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak, sedangkan jembatan lama untuk arah sebaliknya.