Atenx Katros Modifikasi Honda Beat Jadi Motor Listrik

Atenx Katros Modifikasi Honda Beat jadi Motor Listrik Desain motor listrik dengan bahan Honda Beat (Foto: Katros)

KabarOto.com - Motor listrik ke depan akan menjadi kendaraan yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Pemerintah secara perlahan mulai membuat regulasi tentang motor ramah lingkungan ini. Builder-builder di Indonesia, mulai mencari cara untuk membuat desain motor listrik.

Salah satunya Atenx, punggawa Katros Garage ini mendapat tantangan dari Kementerian Perindustrian, untuk membuat sebuah motor listrik dari basis motor konvensional.

Baca Juga: Atenk Katros Ingin Ada Regulasi Yang Mengatur Industri Modifikasi

Honda Beat pun dipilih untuk menjadi basis motor listrik bikinannya. "Gue pakai Honda Beat, mesinnya diambil ganti semua sama penggerak listrik," terang Atenx, di Kawasan Cipete, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Selain mengubah mesin, dia juga merombak tampilannya menjadi lebih modern. "Desainnya gue bakal ubah ulang, jadi lebih futuristik," tambahnya lagi. Ini bukan pertama kali ia membuat motor listrik, sebelumnya, Katros juga sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Budiluhur (BL).

Atenx di samping Honda Beat yang akan diubah menjadi motor listrik (Foto: Katros)

Tapi hanya sekedar memodifikasi, bukan membangun. "Sebelumnya kita pernah kerjasama dengan BL cuma modifikasi, tapi ngebangun dari nol baru ini," terangnya.

Untuk membuatnya, Atenx mengganti mesin dan perangkat di CVT dengan perangkat elektrik seperti motor, baterai dan juga controller. Sementara itu, dinamo listriknya ada di tromol.

Lalu darimana dia mendapatkan perangkat elektrik? Atenx mengimpor langsung dari luar negeri, namun dayanya kecil, jika diisi penuh hanya bisa menempuh jarak sampai 25 km.

Baca Juga: Pakai Knalpot Custom Kit By Katros, Honda ADV150 Tambah Keren

Atenx menjelaskan bahwa kecepatan maksimalnya adalah 60 kpj. Ia sengaja menyematkan baterai yang lebih kecil, karena alasan keamanan dan juga regulasi.

"Regulasi motor listrik kan masih belum jelas, jadi kita tidak pakai yang besar," tambah dia. Motor ini rencananya akan rampung pada Oktober mendatang. Dan rencananya akan menjadi give away di acara Indonesia Modification Expo (IMX) 2020.

Lalu dia juga menjelaskan kenapa Honda Beat yang digunakan sebagai bahan.

"Gue pengen bikin motor custom ga harus mahal, murah tapi keren," tutup Atenx.

Motor skutik dipilih karena bisa dijangkau oleh semua kalangan.