Audi A8 Makin Gagah Dan Mewah

Audi A8 Makin Gagah dan Mewah

KabarOto.com - Audi A8 berlanjut mendapat sentuhan penyegaran menyambut tahun 2022. Tentunya saloon mewah lansiran Ingolstadt ini tetap mempertahankan kenyamanan berkendara dengan terus menyempurnakan karakter progresif dan kepercayaan diri pengendara dan penumpang.

Manufaktur berlambang 'Empat Cincin' ini memperkenalkan A8 sejak tahun 1994, digunakan oleh para pemiliknya sebagai penunjuk status kejayaan. Setelah empat generasi dihadirkan, Audi masih membawa kesempurnaan performa, tampilan hingga kelengkapan fitur terkini.

Baca juga: Audi Siap Produksi 150.000 Unit Mobil LIstrik Khusus Konsumen Tiongkok



Sentuhan segar pada kuartal awal tahun ini adalah bentuk grill Singleframe yang kian melebar serta dibubuhi chrome mengilap. Kisi lubang pasokan udara dibuat tinggi, termasuk menyajikan ukuran baru lampu utama.

Memposisikan pengelihatan dari sisi samping, A8 juga telah meratakan atap yang sebelumnya melengkung, lekukan fender ban disajikan untuk bisa juga bermain dengan sistem penggerak quattro.

Sisi buritan tentunya lebih padat dengan bahan chrome, dipermanis lampu rem gunakan digital OLED. Diffuser di bawah bumper didesain ulang dengan batangan horisontal. Ada empat pipa gas buang, tipikal Audi S.



Paket basic baru untuk eksterior, bahkan kali pertama disuguhkan untuk A8 yakni S Line paket eksterior. Diyakini penampilannya tak jauh beda dengan Audi S8, ada detail hitam.

Oh iya, pilihan warna eksterior ada sebelas untuk A8, di antaranya yang baru Metallic District Green, Firmament Blue, Manhattan Gray, dan Ultra Blue. Nah, untuk warna matte pilihannya adalah Daytona Gray, Floret Silver, District Green, Terra Gray, dan Glacier White.

Perihal dimensi A8 memiliki panjang 5.190 mm, lebar 1.950 mm dan tinggi 1.470 mm. Jarak sumburodanya 3.000 mm, dijamin tetap kokoh, meski material yang digunakan 58% alumunium atau disebut Audi Space Frame (ASF). Namun untuk bagian penumpang gunakan hot-formed steel yang sudah diperkuat dan panel belakang ditambahkan carbon-fibre reinforced polymer.



Magnesium juga digunakan untuk strut-tower bars memperkuat dan membuat bobot terpangkas. Intinya A8 punya pengendalian presisi, kenyamanan paripurna.

Di kabin A8 akan menjumpai Multi Media Interface (MMI), ada dua pilihan layar yakni 10,1 inci dan 8,6 inci. Bisa dioperasikan melalui perintah suara "Hey Audi!". Didukung pula MMI Navigation Plus.

Baca juga: Audi R8 Ini Hanya Bertransmisi Manual 6 Percepatan, Jangan Dilawan!

Pilihan mesinnya adalah V6 TFSI dan V6 TDI, keduanya punya karakter berbeda meski kapasitas ruang bakar sama 3.000 cc. Ada pilihan elektrifikasi yakni TFSI e, perpaduan V6 TFSI dengan motor listrik, ada pula 4.0 TFSI yang didukung teknologi cylinder of demand untuk mengatur pembakaran 8 silindernya.



A8 55 TFSI quattro memiliki tenaga 335 dk pada 1.370-4.500 rpm dan torsinya 500 Nm diukur dari crankshaft. Akselerasi 0-100 kpj hanya perlu waktu 5,6 detik. Sedangkan untuk 4.0 TFSI atau A8 60 TFSI quattro suguhkan tenaga 453 dk dan torsinya 660 Nm. Akselerasinya 4,4 detik.