Audi Akan Buka Pabrik Perakitan Di Indonesia

Audi akan Buka Pabrik Perakitan di Indonesia

KabarOto.com - Audi, pabrikan mobil asal Jerman ternyata sudah memiliki rencana untuk membuka pabrik perakitan di Indonesia. Namun, karena Covid-19 mewabah di berbagai negara termasuk Indonesia, mereka pun mengurungkan niatnya untuk sementara.

Hal itu, disampaikan oleh Brand Manager PT Garuda Mataram Motor, Stefan Hutahayan. Menurutnya, merek kendaraan yang banyak diminati kalangan menengah ke atas ini, telah sudah punya rencana merakit mobil di sini. "Rencana ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu, tapi tertunda karena pandemik," jelas Stefan kepada media, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Audi E-tron S Line Black Edition, Lebih Nyentrik

Dia mengatakan, rencana tersebut hanya tertunda, dan harapannya setelah Indonesia dinyatakan pulih dari Pandemik Covid-19, rencana lokalisasi produk bisa dijalankan kembali. "Mungkin bisa terealisasi di tahun 2023 atau 2024," terangnya.

Baca juga: Audi A5 Sportback Mengaspal Di Indonesia, Harga Rp1,2 Miliar

Meski telah menyebutkan rencana, namun ia enggan menyebutkan lokasi pabrik Audi berdiri di Indonesia. Jika dilihat dari perusahaan yang membawahi merek Audi, kemungkinan besar fasilitas perakitan yang akan digunakan milik Indomobil Group, dan berada di kawasan Cikampek, Jawa Barat.

Pabrik perakitan ini, telah digunakan oleh Volkswagen sejak tahun 2019 untuk model Tiguan Allspace. Kemungkinan besar, Audi akan menggunakan fasilitas produksi ini. Karena keduanya berada di bawah naungan Indomobil Group.

Model-model seperti Audi A3, Q3, Q5, Q7, hingga Q8 kini sudah beredar di jalan Indonesia. Semuanya masih didatangkan langsung dari Jerman secara Completely Built U (CBU).