POPULAR STORIES

Audi Lakukan Pengujian Pengisi Daya Mobil Listrik Cerdas

Audi Lakukan Pengujian Pengisi Daya Mobil Listrik Cerdas

KabarOto.com – Mobil listrik perlu melakukan pengisian daya untuk bisa bergerak. Salah satu masalah yang muncul adalah ketika pengisian daya mobil listrik dilakukan bersamaan dengan keperluan rumah tangga. Pertanyaannya adalah, apakah sumber daya listrik yang tersedia bisa mengatasi hal tersebut?

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, Audi melakukan pengujian pengisian daya cerdas dan mengoptimalkan jaringan, serta efisiensi pengisian daya listrik. Untuk melakukan hal tersebut, pabrikan asal Jerman ini telah mempersiapkan model Audi e-Tron lengkap dengan sistem pengisian daya.

Audi berkolaborasi dengan GISA dan mitra lainnya untuk mensimulasikan skenario kelebihan beban di jaringan listrik lokal, beberapa mobil listrik mengisi daya secara bersamaan dan dengan daya tinggi di jalan yang disuplai oleh trafo jaringan lokal.

Baca Juga : Tahun 2021, Audi Bakal Punya Teknologi Pencahayaan Baru

Dalam praktiknya, akan dilakukan penundaan pengisian, dengan mempertimbangkan waktu yang diinginkan dan beban aktual di jaringan listrik. Pada akhirnya, pengujian menghasilkan solusi mobil listrik menggunakan waktu mengisi penuh dengan penyesuaian kapasitas pengisian jaringan listrik tanpa membatasi kebutuhan pelanggan.

Salah satu komponen utama dalam pengujian ini adalah smart meter gateway (SMGW), merupakan perangkat yang sudah wajib digunakan jika konsumsi daya rumah tangga melebihi 6.000 kWh per tahun.

SMGW membangun koneksi yang sangat aman antara rumah dan operator jaringan melalui backend IT bersertifikat. Semua informasi yang diperlukan dan sinyal kontrol dikirimkan dengan cara yang ditargetkan, baik ke sistem manajemen energi rumah (HEMS) atau langsung ke sistem pengisian daya yang ditawarkan Audi sebagai opsi.

Baca Juga : General Motors Bangun Pabrik Mobil Listrik Berskala Besar Di Kanada

Audi e-Tron

Hal ini memungkinkan kapasitas pengisian daya Audi e-tron dikurangi sesuai kebutuhan hingga 11 kW sebagai standar dan hingga 22 kW tergantung permintaan.

Dalam jangka menengah, teknologi jaringan baru ini memungkinkan untuk mengontrol kapasitas pengisian, waktu pengisian, dan durasi pengisian untuk setiap mobil. Selain itu, beberapa prospek yang menarik mungkin muncul, yaitu pelanggan yang dapat mengisi daya Audi e-tron mereka di tempat kerja dapat menerima batasan tertentu saat mengisi daya di rumah.

Audi AG telah menetapkan sendiri target ambisius menuju mobilitas bebas emisi. Perusahaan sedang berupaya membuat armada kendaraannya netral-CO2 pada tahun 2050. Untuk mencapai tujuan ini, Audi akan meluncurkan sekitar 20 model listrik sepenuhnya pada 2025.